Polbangtan Manokwari-Kodam XVIII/Kasuari Teken MoU Materi Bela Negara

0
Orideknews.com, MANOKWARI – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari melakukan Nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) dengan Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari, Kamis, (24/1/2019).
MoU yang dilakukan keduanya adalah terkait pemberian materi bela Negara oleh Kodam XVIII/Kasuari bagi mahasiswa Polbangtan.
Panglima Komando Daerah Militer (kodam) XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau melalui Asisten Teritorial Kodam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf.Andi M.Ali kepada wartawan usai melakukan MoU mengaku, upaya bela Negara tidak hanya menjadi tanggungjawab dan tugas TNI melainkan juga tanggungjawab dan tugas seluruh komponen masyarakat.
“ Bela Negara bukan untuk tentara saja, bela Negara wajib dilakukan oleh komponen bangsa termasuk para mahasiswa di Polbangtan ini,” jelas Kolonel Inf.Andi.
Menurutnya, bela Negara untuk mahasiswa dalam artian adalah belajar yang giat agar menjadi mahasiswa yang baik, juga mempunyai wawasan yang luas, mempunyai disiplin, tanggungjawab untuk melaksanakan tugas-tugas kedepan.
Asisten Teritorial Kodam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf.Andi M.Ali
“ Sangat penting sebagai mahasiswa harus diberikan landasan kejiwaan untuk cinta tanah air,” katanya.
Mengenai teknis pelaksanaan kerjasama pemberian materi bela Negara, Kolonel Inf.Andi menyatakan pihaknya akan berbicara secara teknis dengan Polbangtan Manokwari.
“ Tahun 2019 ini mungkin ada mahasiswa-mahasiswa yang baru masuk, nanti mulai dari pelatihan yang sifatnya pemberian materi, ceramah-ceramah kemudian ada semacam diskusi-diskusi, diberikan juga pelatihan-pelatihan yang tentunya dibutuhkan mereka saat terjun dilapangan,” ungkap Kolonel Inf.Andi.
Pemberian materi lapangan yang dimaksud kata dia seperti pemberian materi outboond, peraturan baris berbaris, melaksanakan upacara. “ Bagaimana misalnya dia(mahasiswa) sebagai inspektur upacara, jadi komandan upacara, kemudian juga diberikan materi-materi dinas dalam,” bebernya.
Kolonel Inf.Andi menegaskan, kesiapan melaksanakan tugas dilapangan sebagai penyuluh pertanian, sehingga mahasiswa Polbangtan harus diberikan pemahaman dan pembekalan untuk menanamkan disiplin, dedikasi dan cinta kepada NKRI. (RR/ON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here