Polbangtan Manokwari Gelar Bimtek Budidaya Ayam Buras Bagi Santri Tani Millenial

0
Orideknews.com, MANOKWARI – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari pada Selasa, 26-27 Maret 2019 menggelar Bimbingan Teknis Budidaya Ayam Buras bagi Santri Tani Millenial Kabupaten Manokwari di Pesantren Hidayatullah Anday, Manokwari.
Saat membuka Bimtek, Selasa, (26/3/2019) Ketua Panitia pelaksana, Dr. Aswandi. S.Pt. MP mengatakan Bimtek itu dilaksanakan untuk memantapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap santri millenial dalam bentuk beternak ayam di Pondok Pesantren.
“Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada Santri Tani millenial untuk mempelajari bidang pertanian melalui pendekatan kelompok,” ujar Aswandi.
Dia menjelaskan, peserta Bimtek Budidaya Ayam Buras diikuti 4 kelompok 40 orang peserta, dari 3 Pondok Pesantren di Kabupaten Manokwari.
“Materi dalam pelaksanaan bimtek Santri Tani millenial ini yaitu meliputi
Kelompok dasar, Program pengembangan agribisnis ayam,
Kelompok Inti, Mendisain Kandang ayam, Membuat Kandang ayam, Pemeliharaan Ayam, Pengolahan pakan ayam, Program vaksinasi dan penanganan penyakit,” jelas Aswandi.
Lanjut dia, Kelompok Penunjang dengan materi Perencanaan implementasi dan menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Manokwari dan Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari.
Untuk diketahui dengan meningkatnya minat generasi muda pada sektor pertanian memberikan peluang untuk mendorong percepatan pembangunan pertanian.
Salah satu sasaran yang potensial untuk ditumbuhkan minatnya adalah Santri yang berada di Pondok Pesantren. Berdasarkan data dari Kementerian Agama (Februari, 2019) jumlah pesantren di Indonesia sebanyak 24.515 pondok pesantren dengan jumlah santri sebanyak 3.598.950 orang.
Potensi tersebut, dapat mendorong para santri untuk berkontribusi aktif di bidang pertanian dalam rangka mendukung Program Pembangunan Pertanian. Peningkatan minat santri di bidang pertanian dapat dilakukan melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Santri Tani Milenial bidang pertanian.
Santri tani diharapkan tergabung dalam Kelompok Santri Tani Millenial IKSTMI sebagai media organisasi pembelajaran di bidang pertanian dan dapat mengimplementasikan hasil bimbingan teknis (Bimtek) yang diikuti dalam bentuk beternak ayam di Pondok Pesantren. (RR/ON).
Baca Juga :  Tatap Muka, Warga Dataran Masni Nyatakan Dukungan Terhadap Calon DPD RI Filep Wamafma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here