NEW!Breaking news - Puncak HPN, Dr. Keliopas Krey Terima Penghargaan PWI Papua Barat Baca Selengkapnya 

ManokwariPapua Barat

Bentuk Kampung Baru, Kepala Suku Subsay: Sudah Diajukan Sejak Kepemimpinan Alm. Demas

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Warga Kampung Subsay, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, membentuk satu Kampung baru, terpisah dari Kampung induk.

Hal dilakukan agar mendorong pemerataan, ini juga menjadi kebutuhan masyarakat guna meningkatkan sumber daya di Kampung yang lebih kreatif dan mandiri.

Apalagi daerah itu, memiliki luas wilayah yang cukup, topografi daerah daratan, dengan tekstur tanah yang subur, jumlah Kepala Keluarga (KK) dan jiwa memenuhi syarat. Ditambah sarana listrik telah tersedia.

Kepala Suku Subsay, Mesak Indou, menyebut, Kampung itu telah memenuhi syarat untuk dimekarkan.

“Waktu itu sudah diajukan sejak kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, (alm)Bapak Demas Paulus Mandacan-Bapak Edi Budoyo, namun Tuhan berkehendak lain, Bapak Demas meninggal. Beliau waktu itu minta siapkan saja, jalan saja. Nanti dimekarkan. Jadi kami minta nanti Bapak Hermus Indou dan Bapak Edi Budoyo yang lanjutkan,” jelas Mesak, Minggu (21/2/21) sore.

Mesak mengaku, ia rela melepaskan lokasi tersebut untuk dilakukan pembangunan pemukiman, agar Kampung yang cukup luas itu, bisa dimekarkan.
Langkah persiapan yang telah dilakukan, lanjut Mesak, warga diminta menyiapkan rumah layak huni. Selain dokumen administrasi lainnya yang akan diserahkan ke Bupati dan Wakil Bupati setelah dilantik.

“Hari ini kami rapat, mengajak warga untuk bersama-sama menyiapkan Kampung Baru. Kami mengajak warga semangat bersama membangun Kampung,” ungkapnya.

Mesak menjelaskan bahwa, warga yang mendiami Kampung Baru itu berasal dari trans lokal, meliputi warga Kampung Induk, warga Warmare dan juga warga kota Manokwari.

“Di sini ada masyarakat asli Papua, non Papua. Semua menyatu. Mereka sangat antusias membangun Kampung. Mereka mau ini jadi kampung. Kami terbuka, siapa yang mau bangun kampung, silahkan. Kami sangat terbuka,” tutup Mesak. (***/ALW/ON)

Related posts
Papua BaratPegunungan Arfak

Bupati Yosias Saroy Gelar Syukuran di Distrik Hingk

1 Mins read
Orideknews.com, Pegaf– Setelah dilantik sebagai Bupati Pegunungan Arfak akhir Februari lalu oleh Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Jumat (5/3/2021) Keluarga Yosias… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariOlahragaPapua Barat

Tengahi Masalah Internal Pengurus Asprov PSSI PB-Kepala Pelatih Galanita, Koni Bertemu Orang Tua Atlit

2 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Papua Barat melakukan mediasi sekaligus pertemuan bersama orang tua dan para atlit Galatina Papua… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Ekonomi & BisnisManokwariPapua Barat

Pemodal Besar Monopoli, Aspater Manokwari Minta Kadin Papua Barat Lindungi dan Dukung UMKM

3 Mins read
Orideknews.com, Manokwari,– Wakil ketua Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur Manokwari, Farid Maulana berharap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Papua Barat selaku kumpulan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
%d blogger menyukai ini: