NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

Manokwari

Bentuk Kampung Undopi Dan Inggramui Desa Siaga, BPBD Libatkan Warga Dan Mahasiswa KKN STIE Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat melaksanakan kegiatan pembentukan desa siaga Bencana di Kampung Undopi dan Kampung Inggramui di Kelurahan Wosi, Distrik Manokwari Barat.
Kegiatan pembentukan desa siaga bencana atau kampung ini berlangsung di balai pertemuan kampung Inggramui, Rabu (8/8/2018). Pada kegiatan itu melibatkan warga dua kampung setempat dan mahasiswa KKN dark STI-E Manokwari.
Ketua panitia kegiatan, Jhon Ankota melaporkan rangkaian kegiatan dimaksud. Salah satunya adalah kegiatan pembentukan desa siaga bencana. Dimana kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari.
Kata Ankota, selain peserta kegiatan mendapat materi dari pihak penyelenggara, juga peserta akan mendapat simulasi dalam menanggap kejadian saat adanya bencana.
Mewakili Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, Asisten II Setda Manokwari Arjanto Ombesapu membacakan sambutan Bupati mengatakan bahwa, bencana salah satu ancaman bagi warga.
Untuk pengurangan resiko dan antisipasi bencana di daerah, termasuk di daerah perkampungan, maka perang penting kesiap siagaan BPBD dan warga agar tetap waspada.
“Korban bencana rawan mengancam warga, terutama adalah rata-rata kaum miskin, maka perlu adanya kesiap siagaan bersama, maka pembentukan desa siaga sangat dibutuhkan membantu pemerintah daerah lebih khusus pihak BPBD” ucap Arjanto.
Di kabupaten Manokwari, kata Arjanto, terdapat 9 resiko bencana yang perlu diwaspada bersama, antara lain banjir, tanah longsor, kebakaran dan lain sebagainya.
Mengakhiri sambutannya, Arjanto bepesan  agar pembentukan desa siaga bencana ini dapat mampu mengantisipasi setiap resiko bencana ditengah kampung atau desa di Undopi maupun Inggramui.
Kegiatan ini, jelas Ronny, Kepala Bidang Pencegaan dan Kesiap Siagaan BPBD Manokwari bahwa, tak hanya peserta dari masyarakat dari dua kampung setempat yang terlibat aktif, namun melibatkan mahasiswa STIE Manokwari yang sedang melaksanakan KKN.(EN/ON)

Related posts
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariPapua BaratSosial

GMNI Manokwari Galang Dana untuk Sulawesi

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Berawal dari bencana alam yang melanda Sulawesi, DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Manokwari, turun jalan untuk melakukan penggalangan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: