Beri Kuliah Umum, Ini Pesan Kepala BNNP Papua Barat kepada Mahasiswa Polbangtan Manokwari

0
Orideknews.com, MANOKWARI- Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Barat, Brigadir jenderal Polisi Drs. Untung Subagyo memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Kamis (24/1/2019).
Brigjen Pol Untung Subagyo mengatakan, agenda ini diadakan guna melakukan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan khususnya Kampus Polbangtan Manokwari.
Dalam kuliah umumnya, Untung menginginkan mahasiswa harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang baik seiring berkembangnya teknologi global.
“Pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa pada era ini harus berkembang, karena global selalu berkembang. Kemudian diikuti keterampilan, terampil disegala bidang dan memiliki perilaku yang baik. Tanpa perilaku yang baik, sepintar apapun anda tidak ada artinya.” kata Untung.
Usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Polbangtan Manokwari dan BNNP Papua Barat.
Penandatangan perjanjian kerjasam ini tentu akan menjadi momen penting bagi kami guna mencegah peredaran narkoba masuk ke dalam lingkungan kampus.
BNNP Papua Barat, katanya, mempunyai sejumlah program deteksi dini terhadap tempat-tempat yang dianggap rawan, tetapi lembaga pendidikan harus diutamakan agar bersih dari yang namanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
“Kita harus membantu lembaga pendidikan ini menjadi kampus steril yang nantinya akan mencetak mahasiswa unggulan, dan jangan sampai terkontaminasi,” kata dia.
Selain itu, tujuan kerjasama ini juga adalah untuk mensinkronkan program dan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh BNN di Kampus Polbangtan Manokwari. Apakah mengisi mata pelajaran perilaku atau kegiatan lain.
“Kami juga berharap agar nantinya di lingkungan kampus ini dapat membentuk duta anti narkoba dari kalangan mahasiswa,” ujar Untung.
Sementara Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes menjelaskan, pasca Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari berubah nama menjadi Polbangtan sejak 28 Setember 2018 lalu, salah satu poin yang mengisyaratkan penerimaan mahasiswa baru adalah wajib bebas narkoba.
Olehnya itu, penandatangan perjanjian kerjasama ini merupakan momentum yang nantinya akan ditindaklanjuti secara terus menerus tanpa terhenti.
“Secara berkala akan kita lakukan tes urine bagi mahasiswa baru dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba. Kalau untuk internal pegawainya, kami ini adalah instansi vertikal, sehingga nanti secara rutin kita lakukan itu.” tandasnya. (RR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here