Bimtek Petani Milenial di Tanah Rubuh Dukung Rehabilitasi Kakao

0
Orideknews.com, MANOKWARI, – Sebagai penanggungjawab Program Petani Milenial di Papua Barat, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manokwari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial pada 5 September 2019 lalu di Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari.
Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes saat ditemui Rabu, (11/9/2019) mengatakan Bimtek tersebut dilakukan dalam rangka Peremajaan Kakao Angkatan I dan II.
“Untuk program Petani Milenial, kami telah melaksanakan Bimtek angkatan I dan II untuk Kabupaten Manokwari. Ini lebih ditujukan untuk mendukung dalam rangka rehabilitasi tanaman kakao yang lokasinya ada di distrik Manokwari Utara persisnya di Tanah Rubuh,” jelas Purwanta.
Sasaran bimtek itu, kata Purwanta, adalah bagi petani penerima program rehabilitasi tanaman kakao yang seluas 100 hektar.
Dia menjelaskan, target petani kurang lebih 100 orang telah mengikuti Bimtek. Angkatan masing-masing I dan II 35 orang. Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten sebelum menyampaikan kebijakan umum kaitanya dengan pembangunan khususnya perkebunan.
“Tujuannya meningkatkan kapasitas Petani Milenial penerima program rehabilitasi tanaman kakao dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, sehingga dapat mensukseskan program rehabilitasi tanaman kakao di kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat,” ungkapnya.
Menurutnya, bimtek itu juga dengan maksud memberikan acuan bagi pelaksana dalam melakukan kegiatan untuk penumbuhan dan penguatan petani milenial seperti meningkatkan koordinasi dan keterpaduan pelaksanaan peningkatan produksi berbasis kawasan di Papua barat meliputi, komoditas peternakan dan perkebunan antara perguruan tinggi dengan stakeholder di lokasi. (RR/ON).
Baca Juga :  Kadistrik di Mamberamo Raya Diharapkan Dapat Mendukung Progam Kerja PKK dan Bunda PAUD



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here