Data Potensi Kampung di Mamberamo Raya Mulai Disiapkan

0
Kepala DPMK Kabupaten Mambramo Raya, Isak Suweny, S.Sos, M.Si ketika memberika materi pendataan potensi kampung kepada aparat kampung di Aula Kantor Inspektorat di Burmeso, Mamberamo Raya, Provinsi Papua.
Orideknews.com, MAMBERAMO RAYA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Memberamo Raya, Provinsi Papua mulai mempersiapkan identifikasi data potensi setiap Kampung (profil kampung).
Pendataan potensi kampung itu akan dilakukan dalam waktu dekat oleh aparat yang dimulai dengan melakukan identifikasi setiap potensi yang ada dikampung, dengan melibatkan unsur terkait agar dalam perencanaan pembangunan benar- benar tepat sasaran dan dinikmati masyarakat.
“Potensi kampung yang ada di wilayah Kabupaten Mamberamo Raya dalam waktu dekat mulai di identifikasi oleh Kepala Kampung dan aparatnya, ini sangat penting dilakukan supaya setiap kampung potensinya dapat terpetakan masing-masing baik dari SDM, SDA, infrastruktur yg tersedia,” kata  Kepala DPMK Kabupaten Mamberamo Raya Isak Suweny, S.Sos, M,Si kepada www.orideknews.com
Dikatakannya bahwa pendataan yang dilakukan itu nantinya terkait dengan pemetaan potensi sumber daya alam (SDA), potensi sumber daya manusia (SDM), potensi sarana dan prasara serta sejumlah lainnya. Data-data potensi kampung itu dinilai penting sebagai bagian dari pengambilan kebijakan pembangunan di kampung itu masing-masing kedepan.
Para Kepala Kampung dan Sekdes di Mambramo Raya mengikuti pelatihan pendataan potensi kampung.
“Potensi Kampung tentu menjadi bagian dari arah kebijakan pembangunan yang lebih baik kedepan. Makanya kami menyiapkan aparat Kampung melalui pelatihan identifikasi dan pendataan potensi Kampung,” ujarnya.
Terkait dengan pendataan itu, DPMK Kabupaten Mamberamo Raya untuk tahap pertama juga menyiapkan 24 aparat Kampung ikut dalam pelatihan indentifikasi dan potensi kampung di Aula Inspektorat, di Burmerso, kemarin (Jum’at, 6 September 2018). Sebanyak 24 aparat kampung yang ikut pelatihan itu diambil dari 4 distrik.
Sementara itu, ketua Panitian penyelenggara Pelatihan, Aminadab Kowi mengaku kegiatan itu diikuti 24 orang dimana pada tahap pertama diiukutkan 8 Kampung di Kabupaten Mamberamo Raya.
“ Kegiatan pelatihan ini terkait dengan materi Permendagri No 12 Tahun 2017 dan materi menumbuhkan potensi kampung, dengan pamateri dari P3MD Kabupaten Mamberamo Raya,” (LIE/ON)
Baca Juga :  Kapolda Waterpauw Akui Aktivitas Warga Di Wamena Mulai Normal Kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here