Dewan Eksekutif BAN-PT Sebut Polbangtan Manokwari Punya Peluang Akreditasi A

0
MANOKWARI – Setelah menggelar Assesor Surveilen perubahan status Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari dari sebelumnya Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP), anggota Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Akhmad mengatakan Polbangtan punya peluang akreditasi A.
“Di Tanah Papua BAN-PT belum ada mendapat akreditasi A, wilayah timur pun baru ada tiga BAN-PT yang mendapat akreditasi A, Universitas Hasanudin, Universitas Muslim Indonesia, dan Universitas Negeri Makassar. Sehingga ada kesempatan bagi Polbangtan Manokwari,” ucap Prof Akhmad.
Mengingat Polbangtan Manokwari beberapa waktu lagi akan mengajukan akreditasi, dia berpesan agar Polbangtan menjaga akreditasi yang telah diraih.
“Jaga aktreditasi yang telah diraih, per-1 April 2019 BAN-PT akan menerapkan instrumen baru dalam mengajuan akreditasi, ada 9 kriteria yang perlu disiapkan Polbangtan Manokwari,” kata Prof.Akhmad.
Menurutnya, ke-9 kriteria yang dimaksud, tidak jauh berbeda dengan 7 kriteria persyaratan akreditasi sebelumnya.
Dia mengaku, April nanti instrumen penelitian dan pengabdian akan menjadi kriteria yang terpisah. Dan kriteria ke-9 yang merupakan kriteria baru yakni pencapaian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Prof. Akhmad menjelaskan bahwa, perubahan dari 7 menjadi 9 bukanlah hal yang sulit. Namun, adanya sarat tambahan yang terkadang menjadi momok seperti jumlah publikasi, ataupun jumlah dosen dari luar negeri.
Meski demikian, kata dia, sampai saat ini untuk program studi belum diputuskan persyaratan yang terperinci.
“jika terjadi informasi yang simpang siur, Polbangtan Manokwari diharapkan melakukan klarifikasi langsung ke BAN-PT baik melalui e-mail, ataupun telepon,” sebutnya.(NS/RR/ON).
Baca Juga :  Polbangtan Manokwari-DPW APKASINDO Papua Barat akan Teken MoU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here