DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Mamberamo Raya Tahun Anggaran 2018

0
Orideknews.com, Burmeso, – DPRD Kabupaten Mamberamo Raya menggelar sidang paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah atas pelaksanaan pembangunan Tahun Anggaran 2018 yang digelar di Kantor DPRD di Burmeso, Senin (19/8/2019).
Selain dihadiri oleh sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga dihadiri Kapolres Mamberamo Raya, AKBP. Aleksander Louw, SH, Perwira Penghubung Kodim 1712 Sarmi, Sekda, sejumlah anggota DPRD, serta undangan lainnya dari instansi pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kabupaten Mamberamo Raya.
Bupati Mambramo Raya, Dorinus Dasinapa, A.Ks, S.Sos, dalam pidato penyampaian LKPJ tahun anggaran 2018 tersebut, disusun dalam rangka memenuhi kewajiban kepala daerah sehingga sesuai ketentuan tersebut, maka menjadi hal yang wajib bagi kepala daerah untuk menyampaikan hasil kerjanya selama setahun terakhir.
Bupati menyampaikan secara garis besar LKPJ pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) atau laporan keuangan daerah Tahun Anggaran 2018.
“Pendapatan daerah kabupaten Kabupaten Mamberamo Raya Tahun Anggaran 2018 ditetapkan sebesar 1,068 triliun, jumlah realisasi belanja dan transfer daerah 1,120 triliun mengalami peningkatan sebesar Rp. 116 Miliar atau naik 11,56% dari tahun anggaran 2017 sebesar Rp.1,003 triliun,” kata Bupati.
Bupati juga mengungkapkan mengenai kinerja pemerintah daerah tertuang didalam dokumen LKPJ akhir tahun 2018, masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kabupaten Mamberamo Raya, pandangan dan evaluasi dari DPRD Mamberamo Raya akan dijadikan bahan kajian di masa mendatang.
Selanjutnya, LKPJ tersebut akan dibahas oleh DPRD sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan dan akan disampaikan rekomendasi DPRD kepada Kepala Daerah, dalam rangka untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan di tahun anggaran berikutnya.
“Pada kesempatan ini, saya berharap ada sinergitas antara eksekutif dan legislatif agar kita menyatukan tekad dan langkah bersama untuk melakukan perubahan bagi masyarakat agar kita mewujudkan masyarakat Mamberamo Raya yang aman, cerdas, sehat, mandiri, sejahtera yang dilandasi iman dan budaya,” tandas Bupati.
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Mamberamo Raya, Mada Marlince Rumaikewi, S. Si, M. Hum, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah terutama Bupati karena telah hadir pada rapat paripurna LKPJ tersebut.
“Semoga dalam paripurna LKPJ yang akan disampaikan, kiranya kita dewan dapat melihat secara maksimal penggunaan anggaran tahun 2018 sebaik mungkin, agar ada kekurangan bisa diperbaiki dan menjadi masukan bagi pemerintah daerah kesepian agar bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ucapnya.(NAP/ON)
Baca Juga :  Difasilitasi Polda Papua, Geisler Ap akan Berlatih Hadapi Petinju Jepang-Australia



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here