NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

KesehatanManokwari

dr. Queencia Morin: Anak-anak di Papua Barat Wajib Hukum Imunisasi MR

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI – Salah seorang dokter di Kabupaten Manokwari, dr. Queencia Morin menyarankan kepada masyarakat Papua Barat, khususnya warga di Manokwari agar membawa anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk mendapat imunisasi MR. Pasalnya anak-anak Papua di wilayah Papua Barat wajib hukum bebas penyakit dan harus mendapat imunisasi.
Morin menyatakan bahwa vaksinasi MR sangat penting bagi kesehatan anak agar terhindar dari kecacatan dan kematian bagi generasi Papua.
“Imunisasi MR salah satu upaya global dan merupakan program nasional yang dilakukan mencegah virus MR menyerang anak-anak” jelas dr. Morin, Senin (6/8/2018).
Kata Morin, pemberian imunisasi MR agar melindungi dan menjaga kekebalan tubuh anak sehingga terhindar dari penyakit virus campak dan rubella, termasuk kecacatan dan kematian.
Lanjut wanita asal Biak Papua ini bahwa, untuk vaksin MR tidak dilaksanakan di rumah sakit karena yang menjalankan program dimaksud adalah Puskemas dan Posyandu.
“ada dua tahap yang dilaksanakan vaksinasi MR, yakni Agustus di sekolah dan tahap kedua di September fasilitas kesehatan seperti Puskemas dan Posyandu” katanya.
Ia mengutarakan bahwa, sebagai pelayan medis wajib menyampaikan informasi tentang pentingnya informasi imunisasi MR kepada masyarakat, sebab sangat penting bagi kesehatan anak-anak.
Dia menambahkan dan membenarkan bahwa, MUI sudah keluarkan resmi di Fatwa MUI No.4 tahun 2016 kurang lebih isinya Imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu.
“Sebaliknya, apabila seseorang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, atau penyakit berat  atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, namun berdasarkan pertimbangan ahli yang berkompeten dan dipercaya, maka imunisasi wajib hukumnya,” tutupnya.(EN/ON)

Related posts
BiakKesehatanPapua

Vaksin Covid-19 Kabupaten Biak Numfor akan Tiba Pertengahan Februari

1 Mins read
Orideknews.com, BIAK, – Vaksin Covid-19 tahap pertama untuk kabupaten Biak Numfor direncanakan tiba pada pertengahan Februari 2021 mendatang. Hal ini dikatakan Bupati… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: