Dua Mahasiswi Polbangtan Manokwari Akan Wakili Papua Barat Pada Lomba Inovasi Kreatif

0
Dua Mahasiswa Polbangtan Manokwari Akan Wakili Papua Barat Pada lomba Inovasi Kreatif
Dua Mahasiswa Polbangtan Manokwari Akan Wakili Papua Barat Pada lomba Inovasi Kreatif
Orideknews.com, MANOKWARI, – Tim Sulasry Ayu Umagusi dan Junia Cristhin Lukas, mahasiswa semester 2, Program Studi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari meraih Juara 1 pada lomba Inovasi Kreatif Parade Cinta Tanah Air yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan dan Keamanan Provinsi Papua Barat, Rabu 31 Agustus 2019 lalu.
Lomban yang mengusung Tema Mewujudkan Semangat Generasi Muda Yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Industri Kreatif itu akan membawa keduanya mewakili Provinsi Papua Barat dalam ajang lanjutan ditingkat Nasional.
“Ayu dan Junia akan mewakili Provinsi Papua Barat dalam Perlombaan sejenis untuk tingkat Nasional di Bali,” ujar Wakil Direktur III bagian Kemahasiswaan Polbangtan Manokwari, Ir. Carolina Diana Mual, MP belum lama ini.
Menurut Carolina, pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan menggunakan metode pengadukan Melania dan penambahan Sari Asam Jeruk Nipis judul, Ayu dan Junia akan melenggang ke Pulau Dewata September mendatang
“VCO memang sudah banyak diketahui masyarakat, namun disinilah inovasi yang dikembangkan.  Pada umumnya, VCO dihasilkan hanya dari pemanasan, enzymatic (bromelin dan papain) alat sentrifugasi dan pemancingan minyak,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Carolina menjelaskan, dalam karya ilmiah tersebut, VCO dibuat dari penambahan sari asam jeruk untuk menghasilkan VCO dengan asam jeruk sendiri mengandung asam laurat yang tinggi sehingga dapat mempercepat proses koagulasi dan denaturasi dari kelapa itu sendiri.
“Sama seperti VCO lainnya, VCO dengan penggunaan metode baru ini dapat menjadi alternatif kesehatan. Terlebih Papua Barat sendiri termasuk provinsi yang menghasilkan produksi kelapa terbanyak,” tuturnya.
Untuk diketahui, inovasi ini sendiri merupakan wujud generasi milenial di era revolution 4.0 menuju peningkatan ekonomis. (RR/ON)
Baca Juga :  Clara Kirihio Berharap Bisa Menjadi Motivasi Bagi Mahasiswa Polbangtan Manokwari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here