Dua Satgas Pamtas RI-PNG Terima Karantina Award

0
Orideknews, JAYAPURA- Dua Satuan tugas Pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) RI – PNG menerima Karantina Award dari  Balai Karantina Pertanian kelas I Jayapura, Senin (25/06/2018).

Kedua Satgas Pamtas RI-PNG tersebut adalah Satgas Yonif 121/MK dan Satgas Yonif 501/BY.

Dansatgas Yonif 121/MK, Letkol Inf. Imir Faisal dalam rilis penerangan Kodam XVII/Cenderawasih yang diterima Orideknews.com, Kamis (28/06/2018) menjelaskan, penghargaan tersebut didapatkan satuannya karena berhasil membangun kerja sama yang baik dengan Balai Karantina Kelas I Jayapura dalam hal mengamankan lalu lintas pertanian di wilayah perbatasan RI-PNG.

Untuk diketahui, sejak bertugas kedua Satgas tersebut telah beberapa kali berhasil menggagalkan penyelundupan komoditi hasil pertanian yang masuk maupun yang akan di kirim ke luar negeri, antara lain berupa kulit kayu masohi dan vaniili serta beberapa komoditi pertanian lainnya.

Pemberian penghargaan tersebut diberikan bertepatan dalam acara Bulan Bakti Karantina Pertanian 2018 (BBKP 2018) sekaligus serah terima jabatan Kepala Balai Karantina Kelas I Jayapura dari drh. L.M. Mastari, M.M., kepada drh. Muchlis Natsir, M. Kes., yang diselenggarakan  Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura Papua bertempat di Swissbell Hotel Jayapura.

Dansatgas Yonif 121/MK saat menerima penghargaan Karantina Award. Foto : Pendam XVII/Cenderawasih

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Kepala Balai Karantina Kelas I Jayapura drh. Muchlis Natsir, M. Kes. yang diterima oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 121/MK Letkol Imir Faishal dan Dansatgas Yonif PR 501/BY Letkol Inf Eko Antoni Chandra L.

Dalam Sambutannya Kepala Kantor Balai Karantina Kelas I Jayapura yang lama drh. L.M. Mastari, M.M., maupun Kapala Balai yang baru  drh. Muchlis Natsir, M. Kes. Mengapresiasi kedua Satgas tersebut atas kerjasama yang telah terjalin selama ini serta mengharapkan kerjasama pengamanan lalu lintas produk pertanian ini dapat berjalan terus guna mencegah terjadinya penyelundupan lainnya.

Baca Juga :  Babinsa Bantu Petani Tanam Padi

Selain Satgas Yonif 121/MK dan Satgas Yonif PR 501/BY ada beberapa instansi juga yang mendapatkan Karantina Award dari Kantor Balai Karantina Kelas I Jayapura antara lain,

Award Bidang Kerjasama Luar Negeri atas peran sertanya memperlancar kegiatan ekspor di perbatasan RI-PNG, di berikan pada BKLN Provinsi Papua dan Administratur BNPP RI-PNG Skouw. Award Bidang Pendukung Peningkatan Produksi untuk komoditas Eksport yang diberikan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua.

Award Bidang Pendukung Pengamanan Perbatasan Laut RI-PNG di berikan pada Lantamal X dan Polisi Perairan Polres Jayapura. Award Bidang Pengamanan Komoditas Bandara yang diberikan pada Avec Bandara Sentani. (ABE/ON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here