GLM Diharapkan Bangun Karakter Maba Jurusan Biologi Unipa

0
Suasana mahasiswa saat berada di pos alumni pada kegiatan Green living Moment (GLM), Sabtu, (21/4/2018). Foto:RED/ON

 







Orideknews.com, MANOKWARI – Mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dan Semangat Konservasi” Green Living Moment of The Biology 2018 Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA), 33 Mahasiswa-mahasiswi baru diajak mendekatkan diri pada konservasi.
Ketua Panitia, Yayuk Aprianti

Hal tersebut disampaikan ketua Panitia Green Living Moment (dahulu dikenal dengan Studi Pengenalan Lingkungan, red), Yayuk Aprianti, kepada orideknews.com di Gedung Laboratorium Biologi, Sabtu, (21/4/2018).

“Kegiatannya dilakukan selama 2 hari, dari kemarin (Jum’at (20/4/2018), red) dan hari ini, untuk kemarin kegiatannya pemberian materi Kepemimpinan, Konservasi dari Conservation International, Panah Papua dan Komunitas Anak Air Manokwari, serta Profil Jurusan Biologi). Ujarnya.

Lanjutnya, Kegiatan GLM pada hari Sabtu, (21/4/2018) dimana, pada pagi dilakukan Fild Trip yang selanjutnya disampaikan Profil Himabio, Prospek Kerja Alumni dan Berbagai Pengalaman dari alumni Jurusan Biologi.

Yayuk Aprianti mengakui, tujuan dari GLM sendiri agar mahasiswa-mahasiswi baru mendekatkan diri pada lingkungan kampus, “ bisa dekat dengan dosen-dosen, menghargai kakak tingkat dan senior serta alumni Jurusan Biologi, Unipa”. Jelas Mahasiswi angkatan tahun 2016 itu.

Dirinya menjelaskan GLM ini juga dilakukan agar mahasiswa-mahasiswi baru, bisa membedakan mana masa sekolah dan bisa melepaskan masa SMA, untuk menuju proses perkulihan yang lebih baik.

“Dengan GLM ini juga semoga mahasiswa-mahasiswi bisa tumbuhkan rasa kebersamaan, dalam hal perkuliahaan dan sebagainya,” tutur Yayuk, seraya mengatakan GLM sama sekali tidak ada unsur kekerasan.

Ia berharap kedepan bisa ada inovasi lagi pada GLM dalam membimbing mahasiswa-mahasiswi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Papua.

Fajar Sianipar, S.Si.,M.Si

Sementara itu, Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi, Fajar Sianipar, S.Si., M.Si. mengatakan, GLM sendiri mempersiapkan karakter mahasiswa-mahasiswi sebagai pemimpin nantinya.

Baca Juga :  Musrenbang Distrik Mansel: Dewan Akui Banyak Masyarakat Masih Butuh Rumah

“Pada intinya GLM mempersiapkan mahasiswa baru dalam membentuk jiwa kepemimpinan yang handal untuk menghadapi tantangan-tantangan kedepannya,”. Ujar Dosen pengajar mata kuliah Fisiologi Tumbuhan tersebut.

Dirinya mengakui, dengan kegiatan serupa yang dahulu telah dilaksanakan nyatanya, karakter-karakter kepemimpinan dan kebersamaan dapat dipegang mahasiswa lama, bahkan alumni yang telah menjadi dosen.

Foto bersama mahasiswa-mahasiswi kelompok terakhir pada kegiatan Green Living Moment tahun 2018, Selasa, (21/4/2018).

Ia juga mengapresiasi dukungan alumni yang telah menyukseskan kegiatan GLM Jurusan Biologi, “Bukan kami merasa menjaga tradisi SPL sebagai ajang keakraban, tapi nilai dari kegiatan ini yang kami jaga, melalui kegiatan sederhana ini kami mengharapkan mahasiswa Biologi punya rasa rendah hati, kepedulian dan tanggungjawab seperti yg dimiliki oleh para alumni,” Tegas alumnus Jurusan Biologi tahun 2004 itu.

Ditambahkan, Sianipar, kemajuan program studi biologi juga atas dukungan dan pastisipasi alumni dalam penyelenggaraan pendidikan. (RED/ON).




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here