Grace Batubara Dampingi Gubernur Resmikan Gedung Dekranasda Papua Barat

0
Orideknews.com, MANOKWARI, – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat.
Peresmian itu didampingi langsung oleh Ketua Dekranasda Papua Barat Ny. Yuliana Mandacan, dan Dewan Pengurus Pusat Dekranas, Grace Batubara (istri Menteri Sosial) Republik Indonesia.
Gubernur berharap gedung itu dapat mempromosikan produk kerajinan para Seniman Papua di Provinsi Papua Barat, baik secara lokal, regional dan Internasional.
Gedung Dekranasda ini terbagi dalam beberapa ruang yang menampung hasil kerajinan seniman di daerah ini. Apalagi ada beberapa ruang yang tersedia, seperti ruang galeri dan beberapa ruang yang menampilkan produk industri kerajinan masyarakat dari beberapa suku di daerah Papua Barat.
“Jadi tujuannya agar hasil karya seniman Papua dan pengrajin karya lainnya yang dibuat dari suku di Papua Barat dapat ditampilkan disini agar kedepan setiap tamu yang datang ke kabupaten Manokwari bisa langsung datang melihat karya seniman Papua disini,” ungkap Gubernur, Kamis (28/11).
Menurut Gubernur, gedung Dekranasda tersebut sangat strategi karena berada di pinggir jalan sehingga memudahkan setiap pengunjung.
Dikatakan Dominggus, karya seniman dan budayawan di Papua Barat dapat ditampung. Selain karya masyarakat ditampilkan, para seniman dan budayawan di Papua Barat diminta memberikan masukan untuk pengembangan gedung ini kedepannya.
Dikatakan Gubernur, seniman dan budayawan Papua bisa diajak bekerjasama untuk terus budayakan kerajinan khas Papua untuk dipamerkan disetiap kesempatan.
Secara terpisah, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas) Pusat, Grace Claudia Pieters Batubara menyampaikan, gedung ini diharapkan menampung hasil kerajinan produk masyarakat Papua Barat.
“Industri kerajinan menjadi salah satu unggulan signifikan dalam perekonomian Indonesia. Apalagi sektor industri kreatif sangat berkontribusi terhadap PDB Nasional dan menempati urutan tiga besar dalam industri kreatif setelah kuliner dan fashion,” ungkap Grace kepada wartawan, Kamis siang, di Manokwari, Papua Barat.
Grace pun bangga karena melihat hasil produk dari pengrajin menampilkan karya seni budaya Papua.
Menurut Grace, konsen Presiden Joko Widodo, maka tingkat perekonomian di indonesia dapat ditingkatkan, termasuk Papua Barat.
Peresmian gedung Dekarnasda sendiri dihadiri tamu undangan Forkopimda Papua Barat, para seniman Papua, dan pengurus Dekarnas Pusat. (EN/ON)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here