NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

KesehatanPapua BaratSorong

Gubernur Ingin Kolaborasi Sektor Lain Menguatkan Bidang Kesehatan di Papua Barat

1 Mins read
Orideknews.com, SORONG – Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan melalui staf ahli ekonomi pembangunan, Dr.Nico U Tike mengatakan pembangunan kesehatan di wilayah Papua Barat tentunya tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi saja, tetapi juga menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Kota hingga perangkat Kampung.
“Masing-masing tingkatan pemerintahan harus menjalankan tugasnya sesuai kewenangannya, sebagaimana diatur dalam regulasi yang berlaku saat ini,” kata staf ahli saat membuka rapat kerja kesehatan daerah Provinsi Papua Barat tahun 2019 Senin, (25/3/2019) di Sorong, Papua Barat.
Menurutnya, permasalahan kesehatan yang masih muncul di Provinsi Papua barat tentu membutuhkan kontribusi sektor lain dalam penanggulangannya. “ Kolaborasi dengan pemangku kepentingan diluar sector kesehatan harus dijalin dengan harmonis,” ucapnya.
Dia mengaku saat ini, akses terhadap fasilitas kesehatan tentu tidak bisa dilakukan masyarakat dengan mudah, apabila sarana transportasi kurang memadai.
Misalnya dia, mencontohkan pelayanan kesehatan melalui penggunaan teknologi informatika seperti telemedicine, itu tentu tanpa dioperasikan dengan koneksi internet yang baik.
“Ketersediaan jamban sehat dan air bersih mutlak diperlukan dalam penyediaan  rumah sehat bagi masyarakat. Memperbaiki gizi masyarakat membutuhkan ketahanan pangan yang kuat, peningkatan pendapatan dan pendidikan masyarakat,” tutur staf ahli.
Dia menyebutkan bahwa, jajaran kesehatan perlu didukung oleh sector lain untuk akselerasi penuntasan masalah kesehatan di wilayah Papua Barat.
“Kolaborasi-kolaborasi lain juga perlu mulai dibangun baik dengan masyarakat, pihak swasta maupun dengan pihak mitra pembangunan,” harap staf ahli. (RED/ON)

Related posts
Papua BaratPendidikan

Kabid SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Temui 8 ASN, Hal Ini Yang Dibahas

1 Mins read
Kepala Bidang SMK dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Dr. Arius Mofu, M.Pd menemui 8 orang Aparat Sipil Negara (ASN) yang telah menerima… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanPapua

Bagi Masker, Polsek Sentani Juga Himbau Pencegahan dan Penularan Covid-19

1 Mins read
Orideknews.com, Sentani, – Guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di masyarakat, Personil Polsek Sentani Barat yang dipimpin oleh Bripka Hans Enok membagikan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Papua Barat

Sepanjang Tahun 2020, Ombudsman Perwakilan Papua Barat Terima 37 laporan Terkait Covid-19

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat, Musa Yosep Sombuk dalam rilis tahun 2020 Rabu, (6/1/21) lalu menyatakan, pihaknya telah menerima… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: