Inilah Juara Duta Genre 2 Kategori Yang Diharapkan Mampu Menyebar Virus Genre

2
Kepala bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera BKKBN Provinsi Papua Barat, dr. Mauliwaty Bulo menyerahkan piala pada juara 1 putra duta Genre kategori jalur masyarakat.
Orideknews.com, MANOKWARI – Setelah melakukan penjaringan sejak Senin, 16 Juli 2018, akhirnya juara duta generasi berencana (Genre) kategori jalur masyarakat dan jalur pendidikan tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2018 diumumkan Jum’at, (20/7/2018).
Juara duta Genre kategori Jalur Masyarakat putra : juara 1 Bert Allen Rumbiak, juara 2 Irmansyah dan juara 3 Kristian Kaisiepo. Jalur Masyarakat putri : Juara 1, Trivin Maharanie, Juara 2 Justycia Waropen dan juara 3 Silvia Eberjewen.
Sedangkan untuk juara duta Genre kategori Jalur Pendidikan, putra : juara 1 Andre Alva Taroreh, Juara 2 Jorgi Brilian Bahterayudha dan juara 3 Joses Erari. Jalur Pendidikan putri : juara 1 Clara Kirihio, juara 2 Merlin Sahetapy dan juara 3 Jacqualine Sedik.
Kepala bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera BKKBN Provinsi Papua Barat, dr. Mauliwaty Bulo selaku penanggungjawab menjelaskan peserta dibekali dengan materi seputar generasi berencana selama beberapa hari.
“Kita bekali, kasih pembekalan 2 hari selasa dan rabu hari kamis kita tes, tesnya itu tes presentasi tentang materi-materi yang sudah diajarkan selama dua hari, dan juga ada pentas seni. Itu yang kita saring jadi 5 besar kemudian 3 besar,” jelasnya.
Menurut Mauliwaty, peserta duta Genre terdiri dari dua kategori, jalur pendidikan dan jalur masyarakat, dimana diikuti oleh sekolah-sekolah, Universitas, Sekolah Tinggi dan akademi keperawatan serta pemuda gereja.
dr. Mauliwaty Bulo
“Yang menang ini akan kami kirim untuk mewakili Papua Barat untuk berlaga di duta Genre tingkat nasional,” Beber Mauliwaty.
Pelaksanaan iven duta Genre nasional kata dia, direncanakan dalam waktu dekat, sehingga peserta harus betul-betul dibekali dengan pengetahuan yang cukup. “ Biasa satu atau dua bulan sudah ada lombanya, jadi kalau tidak Agustus paling lambat September,” Ungkapnya.
Lanjut, kata Mauliwaty, peserta harus disiapkan dengan matang bukan hanya dibekali dengan pengetahuan tetapi disisi budaya juga harus dipolesi dengan baik. ”Merekakan mewakili Papua Barat, mereka harus tahu budaya Papua Barat, kita akan bekali apapun yang diperlukan,” Ucapnya.
Sehingga, ia berharap juara duta Genre Papua Barat tahun 2018 jika kembali ke masyarakat dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang didapat, bisa menyebarkan virus-virus Genre.
“Supaya segala sesuatu direncanakan, sekolahnya direncanakan, berkarirnya direncanakan dan menikahnya direncanakan,” Tuturnya. (RED/ON)
Baca Juga :  Diketuai Purwanta, BPPSDM Menargetkan 3.091 Petani Milenial di Papua Barat

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here