NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

Papua Barat

Kadis LHP Papua Barat: Raperdasus Lingkungan Hidup Berbasis Masyarakat Adat Sangat Penting

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Provinsi Papua Barat, Rudolof Rumbino mengatakan ada rencana kedepan untuk menyusun draf Rencana Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) tentang lingkungan hidup berbasis masyarakat adat Papua Barat.
Rumbino menganggap penting raperdasus lingkungan hidup bagi masyarakat adat, terutama produk hukum khusus itu dapat melindungan masyarakat adat Papua dari segala sisi, misalnya pembangunan jalan, perkantoran, permukiman warga dan pembukaan lahan perkebunan serta tambang.
Sebab, kata Rumbino, masyarakat adat jangan sampai menjadi korban karena lingkungan rusak. Dari sisi lingkungan permukiman yang padat penduduk dan dikelilingi bangunan berdampak pada limbah. Oleh karena itu memang harus diperhatikan kesehatan masyarakat.
Lanjut Rumbino, Raperdasus lingkungan berbasis masyarakat adat sangat penting agar hak dasar masyarakat tetap dilindungi.
Untuk mewujudkan rencana itu, LHP tidak bisa berjalan sendiri, kata Rumbino, Sabtu (11/8/2018) butuh masukan dari semua pihak, termasuk koordinasi Biro Hukum yang akan mengkaji sisi akademisi sesuai aturan perundang-undangan dan sisi hukumnya.
Tambah dia, Papua Barat dinobatkan sebagai daerah konservasi, maka sangat erat dengan rencana pembentukan raperdasus lingkungan hidup berbasis masyarakat adat Papua.(EN/ON)

Related posts
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
OlahragaPapua Barat

Menuju Gelaran PON XX Papua 2021, KONI PB Bahas Persiapan TC Puslatprov

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Jelang hajatan Nasional di tanah Papua yakni PON XX Papua November 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: