Kapolda PB: Pendidikan dan Potensi Pariwisata di Papua Luar Biasa, Mindset Lulusan Harus Diubah

0
Orideknews.com, MANOKWARI – Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf A Rodja mengaku dibidang pendidikan, Orang Asli Papua (OAP) sangat luarbiasa.
Menurut Kapolda, itu dibuktikan dibidang Polisi, ada dua Jendral, yakni Paulus Waterpau, Pietrus Waney dan di Angkatan Darat, Onesimus Wayangkau.
“Anak-anak kita (OAP.red) tidak kalah dengan orang luar tapi bagaimana mengelola tanah ini supaya bisa bermanfaat,” ujar Kapolda pada Seminar Nasional Tantangan dan Harapan Pembangunan Pendidikan, Kesehatan Ketenagakerjaan dan Kebudayaan di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua di aula Pascasarjana Universitas Papua, Selasa, (12/3/2019).
Kapolda juga mengatakan lulusan Unipa kebanyakan ingin menjadi PNS tetapi tidak melihat potensi besar dibidang pariwisata yang notabene dikelola oleh non OAP.
“Triton Bay Kaimana dan Raja Ampat misalnya, orang Papua disana sedikit sekali dibanding dengan non Papua dan orang Asing yang mengelolanya,” ucap Kapolda seraya menunjukkan gambar keindahan alam Triton Bay Kaimana dan bawah laut Raja Ampat.
Dia menegaskan pada Rektor agar mengubah pola pikir mahasiswa-mahasiswi Unipa sehingga tidak bergantung pada PNS.
” Mindsetnya harus diubah kita harus jadi bos untuk diri sendiri,” beber Kapolda.
Ia berharap agar sekolah pendidikan kejuruan di Papua Barat bisa diperbanyak untuk menunjang khususnya dibidang pariwisata. (RED/ON).
Baca Juga :  Pendidikan Di Tanah Papua Telah Lahir dan Berkembang Sejak 164 Tahun Lalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here