Kapolri Diminta Tepati Janjinya Berdayakan OAP dalam Jajaran Kepolisian

0

Orideknews.com, Manokwari – Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay, Paul Finsen Mayor meminta Kapolri Jendral Tito Karnavian segera tepati janjinya untuk prioritaskan anak-anak Papua dalam jajaran kepolisian di Polda Papua Barat.
Menutur Mayor, janji itu diucapkan Kapolri saat meresmikan Mapolda Papua Barat di Anday, Manokwari.
“Kami, masyarakat adat Papua telah mengakui bapak Jendral Tito Karnavian sebagai bagian dari orang Papua. Saat meresmikan Polda Papua Barat, bapak Kapolri pernah berjanji bahwa dengan didirikan Polda Papua Barat, guna berdayakan anak-anak Papua di Jajaran Polda Papua Barat dengan berupaya menciptakan Kamtibmas di Papua Barat,” jelas Mayor saat melakukan konferensi pers, Senin (20/8/2018) di Manokwari.
Ia juga mengaku masyarakat adat Papua percaya akan keseriusan Kapolri untuk menepati janjinya. Saat ini sudah ada anak Papua yang memenuhi kriteria dan harus dipromosikan menjadi Kapolda.
Senada dengan yang dikatakan Tokoh Pemuda dan Mahasiswa Provinsi Papua Barat, Hugo Asrouw, kata dia sesuai dengan Undang-Undang OTSUS Nomor 21 Tahun 2001, ada tiga amanat penting yang harus digaris bawai, yakni perlindungan, pemberdayaan dan keberpihakan.
“Harus ada keberpihakan kepada orang Papua sebagaimana diamanatkan dalam otsus. Dalam Otsus juga telah dikemukakan tentang Kepolisian Daerah Papua dan Papua Barat. Ditinjau dari Kriteria, sudah ada anak Papua yang memenuhi kriteria sesuai dengan Undang-Undang Kepolisian Republik Indonesia untuk menduduki Jabatan Strategis di Kepolisian.
Sehingga, Hugo meminta Kapolri harus prioritaskan anak Papua selama memenuhi kriteria. “ Kalau sudah tidak ada, barulah digantikan dengan orang lain,” ujar Hugo.
Sementara itu, Ketua Parlemen Jalanan, Ronald Mambieuw mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggelar aksi apabila aspirasi Masyarakat Papua tidak diindahkan.
Sesuai dengan amanat OTSUS orang Papua harus menjadi tuan di negeri sendiri. Artinya orang Papua harus menduduki jabatan strategis di Pemerintahan,  termasuk menduduki jabatan strategis di Kepolisian Republik Indonesia.
“Di mata kami, bapak Petrus Waine telah mengabdi selama sekian tahun sebagai anggota Polri dan telah memenuhi kriteria untuk menduduki jabatan strategis di Kepolisian. bapak Petrus Waine telah ikut mengamankan kepentingan Negara di atas tanah Papua dan telah turut menjaga Kamtibmas dengan baik,” beber Mambieuw.
Ia berharap jabatan itu sebagai kado terakhir dari Kapolri kepada anak-anak Papua sebelum masa pensiunnya. “Agar kami percaya Bapak Kapolri menepati janjinya,” pungkasnya.
“Kami minta Bapak Kapolri untuk mempromosikan bapak Petrus Waine sebagai Kapolda di sisa masa tugasnya. Entah mau tempatkan  dimana saja di seluruh Indonesia. Asalkan harus mempromosikan beliau sebagai Kapolda disisa masa tugasnya,” ucap Mambieuw. (EN/ON)
Baca Juga :  Buka Pencanangan Perdana Sub PIN Polio, Wabup Mamberamo Raya Harap Anak Usia Dini Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here