KMD Diharapkan Ciptakan Kader Penyuluh Pertanian yang Handal

0
Orideknews.com, Manokwari- Gerakan Pramuka bisa diterapkan di segala lini pendidikan Indonesia. Tak terkecuali di bidang pertanian maupun peternakan.
Untuk itulah Politeknik pembangunan penyuluh pertanian (Polbangtan) Manokwari tergerak menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa baru.
Dengan tujuannya, meningkatkan ilmu dan pengetahuan mahasiswa, bukan sekadar tentang pengertian dasar pendidikan kepramukaan.
Lebih dari itu mengolaborasikan pengetahuan kepramukaan dengan ilmu pendidikan pertanian atau peternakan. Untuk selanjutnya diimplementasikan di masyarakat.
“Kursus dasar Pramuka merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa baru di Polbangan. Ini karena mahasiswa akan selalu berinteraksi dengan masyarakat pertanian, khususnya para petani,” Kata Ketua STPP Manokwari Dr. drh. Maya Purwanti, MS, dalam arahannya saat membuka kegiatan Selasa (12/9)
Maya mengatakan, hal tersebut sejalan dengan kaidah dan cita-cita Gerakan Pramuka. Mahasiswa Polbangtan Manokwari merupakan kader-kader Pramuka yang handal dan memiliki potensi untuk terus ditingkatkan kompetensinya.
 
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat.
“Agar setiap insan Pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur. Baik mental maupun spiritual, serta mempunyai budi pekerti yang tinggi, kuat dalam beragama, cerdas, terampil, dan sehat jasmani serta rohaninya,” ungkapnya.
Adapun sasaran penyelenggaran KMD tahun akademik 2018/2019 adalah 122 orang mahasiswa baru. KMD dilaksanakan selama lima hari. Mulai sejak 12-15 September mendatang.(RR/ON)
Baca Juga :  Inilah Juara Duta Genre 2 Kategori Yang Diharapkan Mampu Menyebar Virus Genre

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here