Kodim Yapen Gelar Lomba Cerdas Cermat Matematika dan Bela Negara di SMP YPK Serui

0
Orideknews.com, SERUI – Cara membekali generasi muda dengan wawasan kebangsaan yang diberikan oleh Kodim 1709/Yawa kepada Siswa dan Siswi SMP YPK Serui sangatlah unik, karena wawasan kebangsaan yang diberikan bukan melalui materi-materi pelajaran layaknya pelajaran yang ada di sekolah pada umumnya. Tetapi melalui lomba cerdas cermat Matematika Bela Negara, Sabtu (28/07/2018).
Didalam lomba cerdas cermat Matematika Bela Negara ini, para siswa dan siswi diajak bermain sama halnya seperti bermain permainan ular tangga dan monopoli yang menggunakan dadu dan pion.
Namun, didalam permainan tersebut ada pertanyaan seputar pengetahuan bela negara, Sejarah Indonesia serta Pancasila yang harus di jawab oleh para peserta lomba. Peserta lomba baru bisa dikatakan menang apabila semua pertanyaan yang diberikan dapat di jawab dengan tepat dan benar.
Hal ini tentunya bisa memberikan gambaran baru terhadap generasi muda tentang bagaimana caranya untuk menjaga pemikiran mereka dari pengaruh asing yang semakin lama semakin merajalela di indonesia.
Dandim 1709/Yawa Letkol. Arh Pulung Patria Daga mengatakan bahwa Wawasan Kebangsaan tak boleh hilang dari generasi muda, karena Wawasan Kebangsaan ini merupakan cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan Kesatuan dan Persatuan wilayah di dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa mengesampingkan Pancasila dan UUD 1945.
“Apabila ini hilang dari generasi muda maka kedepannya kita sudah bisa menebak bagaimana suramnya masa depan Bangsa, sekarang saja kita sudah bisa melihat sendiri pengaruh budaya asing yang sangat mempengaruhi generasi muda, mulai dari Narkoba, Sex Bebas dan lain sebagainya. Generasi muda harus di jaga dan di bentuk sejak dini”, pungkas Dandim.
Dandim Pulung Patria berharap dengam lomba cerdas cermat matematika dan bela negara yg dilakukan tersebut, dapat bermanfaat bagi siswa utk menambah wawasan yg baik.
Sementara itu Kepala Sekolah SMP YPK Yowel Ruatakurei M.Pd, mengatakan bahwa lomba Matematika Bela Negara ini sangat di minati oleh anak-anak, karena didalamnya mereka bisa bermain dan belajar, dan terlebih penting lagi dengan permainan ini bisa selalu menumbuhkan kecintaan kepada Negara dengan Pengetahuan Wawasan Kebangsaan yang dilombakan didalamnya.
” Kami sangat bersyukur dan senang dengan kegiatan cerdas cermat matematika bela negara yg dilakukan kodim yapen, karena kegiatan ini secara langsung dapat menumbuhkan kecintaan kepada Negara dn bangsa,” Ujarnya.(Napi/ON)
Baca Juga :  Tim Assesor BAN PT Disambut Dengan Ritual Adat di Polbangtan Manokwari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here