Mahasiswa Semester 7 Polbangtan Manokwari Berikan Penyuluhan Bagi Petani dan Peternak

0
Mahasiswa Semester 7 Polbangtan Manokwari Berikan Penyuluhan Bagi Petani dan Peternak
Orideknews.com, MANOKWARI – Mahasiswa semester 7 Program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari melakukan Penyuluhan Lapangan kepada 20 orang petani dan peternak yang tergabung dalam kelompok tani dan kelompok wanita tani Pule di SP5 Distrik Masni, Kamis, (31/1/2019).
Materi penyuluhan yang diberikan adalah tentang fermentasi pakan untuk ternak sapi, materi itu disampaikan oleh mahasiswi Polbangtan, Blandia Rumbrar.
Dalam penyampaiannya, Blandina mengatakan dengan bahan baku lingkungan sekitar, warga dapat memanfaatkannya untuk ternak sapi.
Misalnya, kata dia, dengan memanfaatkan jerami, rumput, bekatul dan limbah organik lainnya yang bisa difermentasi untuk mendukung dan membantu produktifitas penggemukan sapi.
Selain Blandina, mahasiswa lainnya, Magdalena Ayu Sucipto  juga memaparkan materi tentang manfaat buah pinang untuk mengobati cacingan pada ternak.
Sementara itu, salah seorang petani, Sukiman mengaku sangat senang dengan adanya penyuluhan tersebut, karena dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan produktifitas ternak mereka.
“ Kegiatan ini dapat terus dilakukan sehingga kami tidak ketinggalan dengan adanya ilmu ilmu baru,” harap Sukiman.
Untuk diketahui, kegiatan penyuluhan itu didampingi dosen pengampu mata kuliah Sritiasni, S.Pt. M.Si,  dan tim. (RR/ON)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here