NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

Papua BaratPendidikanSTTP Manokwari

Mahasiswa STPP Manokwari dan Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Kebuntingan Ternak

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari- Memasuki minggu ke-2 program pendampingan Upsus di Kabupaten Sorong, mahasiswa STPP Manokwari membantu petugas Dinas Peternakan daerah tersebut melakukan kegiatan pemeriksaan kebuntingan, inseminasi buatan, dan pengobatan ternak.

Petugas dari dinas pertanian kabupaten Sorong dibantu mahasiswa STPP Manokwari memeriksa kebuntingan sapi, milik peternak di kelurahan Klasulu Distrik Mariat kabupaten Sorong.

Al Halimu Maswatu salah satu mahasiswa pendamping dari STPP Manokwari menjelaskan, sapi diperiksa, apakah tengah mengalami kebuntingan. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan tangan yang terbungkus sarung plastik, dilumur sabun. Maksudnya agar udah masuk ke dalam vulva sapi betina.
Tangan masuk secara perlahan dan berhati-hati, agar sapi tidak agresif dan mengalami kesakitan.

Petugas Dinas Peternakan memberi kesempatan mahasiswa mempratikkan cara pemeriksaan kebuntingan sapi.
“Kami belajar. Ini pengalaman pertama melakukan pemeriksaan kebuntingan. Menyenangkan bisa belajar dengan praktek langsung,” jelasnya.

Sementara, sapi yang akan di-inseminasi buatan (IB), sebelumnya sudah diidentifikasi oleh peternak. Inseminator menindaklanjuti dengan melakukan IB.

Sedangkan untuk pengobatan ternak, petugas menyuntikkan obat cacing dan vitamin B-Complek, penggunaan obat cacing diperuntukkan bagi ternak yang kurus, agar nafsu makan bertambah.
Para mahasiswa Pendamping Upsus ini secara bergantian praktik menyuntik sapi. “Pengalaman yang menyenangkan. Kami dapat ilmu pengetahuan dan pembelajaran di lapangan,” ucapnya. (EY/ON)

Related posts
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
OlahragaPapua Barat

Menuju Gelaran PON XX Papua 2021, KONI PB Bahas Persiapan TC Puslatprov

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Jelang hajatan Nasional di tanah Papua yakni PON XX Papua November 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: