NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

PendidikanSTTP Manokwari

Mahasiswa STPP Manokwari Dibekali Strategi Penyuluhan di Era Milenial

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI – Kepala pusat penyuluhan pertanian dan pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si memberikan kuliah umum kepada mahasiwa Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari, Selasa (24/4) di Aula STPP Manokwari.

Dalam pemaparan materinya pada kuliah umum “strategi penyuluhan di era milenia”, Munifah meminta lulusan STPP harus menjadi penyuluh sekaligus pelaku wirausaha atau enterpreneur pertanian. Ini menjadi sangat penting agar nantinya lulusan STPP tidak lagi berpikir hanya menjadi penyuluh berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

“Lulusan STPP adalah generasi muda pertanian yang memiliki potensi besar untuk memajukan pertanian. Jadi, selain menjadi penyuluh, harus bisa juga menjadi enterpreneur muda.” Tuturnya.

Dikatakan, sektor pertanian akan menarik dan menghasilkan beragam produk pertanian bernilai ekonomis tinggi yang memiliki daya saing di pasar internasional. Sehingga ekspor pangan Indonesia makin meningkat.

Suasana saat Dr.Ir.Siti Munifah, M.Si, kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP Kementerian Pertanian (Tengah), didampingi ketua STPP Manokwari, Dr.drh. Maya Purwanti, MS (Kanan), Susan C. Labatar, Wakil ketua I STPP Manokwari (kiri).

Selain itu, juga dapat mengubah pengetahuan petani dan terus berinovasi melahirkan inovasi teknologi atau terobosan memajukan pertanian. Ini sangat sejalan untuk mensukseskan kedaulatan pangan sehingga Indonesia menjadi lumbung dunia tahun 2045.

Menurutnya, generasi muda yang dicetak di STPP harus siap mengambil alih tongkat estafet untuk bangkitkan pertanian sekaligus mensejahterakan petani. Setiap mahasiswa STPP agar fokus untuk ahli pada satu bidang atau komoditas tertentu.

Dirinya mengungkapkan upaya menumbuhkan minat generasi muda yakni dengan mengubah paradigma bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan. Kemudian, menanamkan kebutuhan akan kebutuhan pangan nasional selain juga menjadi pelaku usaha dan penentu kebijakan di bidang pertanian.

“Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) tahun ini telah mamasuki tahun kedua. Tujuannya untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat, keterampilan dan jiwa kewirausahawan generasi muda di bidang pertanian,” Tutupnya. (EY/ON

Related posts
ManokwariPapua BaratPendidikanReligi

Wagub Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari semakin dekat. Berbagai dukungan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariPendidikanReligi

KAHMI Manokwari akan Gelar Musda II Februari Mendatang

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Manokwari akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-II dalam waktu dekat. Koordinator caretaker Majelis… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Papua BaratPendidikan

Kabid SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Temui 8 ASN, Hal Ini Yang Dibahas

1 Mins read
Kepala Bidang SMK dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Dr. Arius Mofu, M.Pd menemui 8 orang Aparat Sipil Negara (ASN) yang telah menerima… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: