NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

AdatPapuaPapua Barat

Minta Penyisiran Aparat di Dihentikan, DAP Juga Desak Komnas HAM Turun ke Nduga

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI – Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay, Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP mengaku operasi militer atau penyisiran di Nduga tidak akan menyelesaikan persoalan.
“Sebab ada persoalan Mendasar yang wajib diselesaikan oleh pemimpin Jakarta-Papua karena situasi di Nduga itu, apabila ditangani secara militeristik maka akan menambah korban diantara kedua belah pihak, yakni TNI/POLRI dan TPN OPM dan juga masyarakat Adat disana,” kata Mayor dalam keterangan persnya yang diterima www.orideknews.com, Jum’at, (15/3/2019).
Menurutnya, kebijakan Jakarta untuk Nduga Ibarat “kipas asap saja tanpa padam Api” sehingga akan berakibat fatal.
“Menurut Dewan Adat ada baiknya Presiden Jokowi segera perintahkan tarik pasukan dan bangun Komunikasi dengan pihak Tokoh Adat, Agama dan Pemprov Papua untuk mencari solusi terbaik (Win-win solution)  penyelesaian kasus Nduga,” jelasnya.
Mayor menegaskan bahwa, ada hubungan sebab akibat persoalan masa lalu yang kelam dan susah dilupakan masyarakat Nduga di wilayah kabupaten Nduga, yang menyayat hati dan menjadi dendam berkepanjangan.
“Dewan Adat mendesak KOMNAS HAM turun ke Nduga dan memastikan situasi disana lalu menengahi dan menyelidiki situasi sebenarnya disana sebab sampai hari ini belum ada rilis resmi dari Komnas HAM mengenai situasi di kabupaten Nduga,” ungkap Mayor.
Dia berharap semua masyarakat Papua untuk bersuara demi masyarakat Nduga agar tidak ada lagi korban dari masyarakat Adat di atas Tanah Adat Ndugama. (RED/ON)

Related posts
HukumJayapuraKesehatanKriminalPapua

Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan

1 Mins read
Orideknews.com, Jayapura Kota, – Kasus Penggelapan dana BPJS senilai Rp.1,5 Miliar di Rumah Sakit Umum (RSUD) Abepura pada Kamis, (21/1/21) sore dilimpahkan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
BiakKesehatanPapua

Vaksin Covid-19 Kabupaten Biak Numfor akan Tiba Pertengahan Februari

1 Mins read
Orideknews.com, BIAK, – Vaksin Covid-19 tahap pertama untuk kabupaten Biak Numfor direncanakan tiba pada pertengahan Februari 2021 mendatang. Hal ini dikatakan Bupati… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: