Pengajian Rutin Bulanan, Mahasiswi Muslim Kebidanan dan Keperawatan Manokwari Diingatkan Jauhi Ghibah

0
Pengajian Rutin Bulanan, Mahasiswi Muslim Kebidanan dan Keperawatan Manokwari Diingatkan Jauhi Ghibah
Orideknews, MANOKWARI, Poltekkes Kemenkes Sorong, Prodi D-III Kebidanan dan Keperawatan Manokwari, melakukan pengajian rutin bulanan, Sabtu, (16/03/2019) di Kampus Akper Kampung Ambon, Manokwari.
Koordinator Bidang Kerohanian Islam, Sri Mulyati, kepada www.orideknews.com, usai pengajian mengaku pengajian itu dilakukan pihaknya secara rutin setiap bulannya.
“Dan pengajian ini merupakan suatu agenda rutin kami perbulan, dan hal ini kami dari kerohanian Islam lakukan dengan tujuan untuk menjalin dan mempererat silaturahim, menambah ilmu agama serta memperkuat iman,” kata Sri.
Dia mengaku, pengajian tersebut tidak hanyak mahasiswa saja, tetapi menghadirkan seluruh dosen muslim dan muslimah yang ada di kampus.
Ustadz Bachtiar Rumatumia saat menyampaikan materi.
Pengajian tersebut menghadirkan Ustadz Bachtiar Rumatumia, dengan menyampaikan ceramah dengan tema “Jauhi Ghibah Penyakit Hati Yang Mamakan Kebaikan”.
Dalam penyampaiannya, Bachtiar mengingatkan ghibah (mengunjing) kata imam An-Nawawi adalah menyebutkan kejelekan orang lain di saat ia tidak ada saat pembicaraan (Syarh Shahih Muslim, 16 : 129).
“Jika sesuatu yang dibicarakan yang keluar dari bibir kita terhadap saudara kita, jika tidak bermanfaat bagi diri kita dan akan menimbulkan keseteruan antara kita maka lebih baik kita memilih untuk diam,” jelasnya.
Dia menambahkan, hukum ghibah itu diharamkan berdasarkan kata sepakat para ulama. Hal ini kata Bachtiar, diperkuat bahkan Allah SWT mengibaratkan ghibah (menggunjing, mengolok-olok sesama manusia).
“Seperti memakan bangkai saudaramu sendiri yang sudah mati, tentu kamu merasa jijik.(QS.Al-Hujjrat ayat 12),” ungkapnya. (BAC/ON).
Baca Juga :  Mahasiswa STPP Manokwari dan Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Kebuntingan Ternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here