Peringati HKP ke 46, STPP Manokwari Berharap Pertanian Papua Barat Bisa Lebih Baik

0
Orideknews.com, MANOKWARI- Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari turut berpartisipasi memperingati Hari Krida Pertanian (HKP) ke 46, yang diperingati setiap tanggal 21 Juni, dengan melakukan upacara bendera di halaman STPP Manokwari, Kamis (21/6/2018).

Dr. drh. Maya Purwanti selaku pembina upacara dalam amanatnya mengatakan, Hari Krida Pertanian (HKP) yang senantiasa diperingati oleh masyarakat pertanian yaitu para petani, peternak, pegawai, dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian.

“Sektor pertanian mempunyai peranan strategis terutama sebagai penyedia pangan rakyat Indonesia, berkontribusi nyata dalam penyediaan bahan baku industri, bio-energi, penyerapan tenaga kerja, sumber devisa negara, sumber pendapatan rakyat dan pelestarian lingkungan,” Ucapnya.

Purwanti mengatakan, HKP pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti. “Setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian.” Kata dia.

Pada hari tersebut, lanjutnya, masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah seperti bumi, air, matahari, iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral-mineral yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia.

Selanjutnya bermohon agar pada tahun-tahun berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggungjawab untuk tetap melestarikannya.

Menurutnya, Hari Krida Pertanian juga merupakan hari berbangga hati atas prestasi dan hasil yang diperoleh setelah setahun penuh bekerja tanpa mengenal lelah, sehingga mampu menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan segenap masyarakat dan bahkan untuk di ekspor guna menghasilkan devisa yang diperlukan bagi pembangunan.
Hari Krida Pertanian juga termasuk hari mawas diri dengan melihat kekurangan dan kelemahan-kelemahan yang dihadapi masa lampau untuk selanjutnya mengusahakan perbaikan dan peningkatan dalam menghadapi masa mendatang. (EY/ON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here