Petani Diminta Optimalkan Bantuan Alsintan

0
Rapat Koordinasi Tim Upsus Pajale, Kamis (22/2) di Oransbari, Manokwari Selatan.

 







Rapat Koordinasi Tim Upsus Pajale, Kamis (22/2) di Oransbari, Manokwari Selatan.
Orideknews.com, Manokwari  – Sekretaris Upaya khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) Dr. drh. Maya Purwanti, MS, mengingatkan petani penerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk menggunakannya secara optimal sehingga peralatan tersebut tidak menganggur dan sia-sia.

Hal itu diungkapkan Maya pada rapat koordinasi Tim Upsus Pajale, Kamis (22/2) di Oransbari, Manokwari Selatan.
“Minggu depan kita akan turun lapangan untuk mengecek pemanfaatan alsintan, terutama untuk bantuan yang sudah diberikan. Hal ini juga dilakukan di 13 Provinsi,” Ujarnya.

Rapat Koordinasi Tim Upsus Pajale, Kamis (22/2) di Oransbari, Manokwari Selatan.

Maya melanjutkan, Kalau ketermanfaatan alsintan tidak maksimal atau bahkan tidak digunakan akan ditarik dari setiap kelompok tani.
Dia berharap, para petani yang sudah mendapatkan alsintan bisa kemanfaatkan dengan baik, sehingga bisa membantu meringankan pekerjaan di sawah.
Maya mengungkapkan kebijakan negara melakukan modernisasi alsintan lalu memberikannya ke petani merupakan upaya mencapai kedaulatan pangan di tengah-tengah semakin menurunnya minat masyarakat untuk terjun ke sektor pertanian.

“Penduduk terus bertambah, semuanya butuh makan sementara pekerja sektor pertanian terus berkurang maka salah satu solusinya adalah modernisasi alsintan,” katanya.

Selain itu, pada rapat tersebut Maya juga membahas sinkronisasi data luas lahan, dan luas tanam. (GAL/RED)

Baca Juga :  Sahkan 7 Raperdasus, Kondjol Klaim DPR PB Sudah Hasilkan 30an Perda



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here