Praktek MK Pilihan, 25 Mahasiswa Biologi Unipa ke TBTA Biak

0
Foto bersama mahasiswa-mahasiswi Jurusan Biologi, Fakultas MIPA Unipa di Taman Burung dan Taman Anggrek Kabupaten Biak Numfor, Papua, Senin, 16 April 2018.
Orideknews.com, MANOKWARI – Mahasiswa-mahasiwi Jurusan Biologi, Univeritas Papua berjumlah 25 orang yang mengontrak Mata Kuliah (MK) Biologi Satwa Liar dan Etologi, melakukan praktek di Taman Burung dan Taman Anggrek Biak (TBTA) yang terletak di Jalan Raya Bosnik, kilo meter 12 di distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Provinsi Papua.

Ketua tim praktek Ir.Febriza Dwiranti, M.Si., Ph.D saat dihubungi orideknews.com, Senin, (16/4/2018) mengatakan lokasi TBTA menjadi salah satu tujuan praktek karena, sudah terhitung dua kali mahasiswanya melakukan praktek, kemudian juga TBTA ada sangkut pautnya dengan Mata Kuliah yang diperoleh di Jurusan Biologi.

“ Untuk praktek kali ini mata kuliah Etologi mengamati berbagai macam tingkah laku burung dan nanti produk akhirnya dikirim ke youtube,” Ungkapnya.

Diakuinya bahwa selain itu mahasiswa juga belajar mengambil data menggunakan metode Ad Libitum dengan pencatatan data menggunakan metode One Zero Sampling.

Sedangkan mata kuliah Biologi Satwa Liar (BSL), kata Dwiranty, mahasiswa melihat kondisi habitat di dalam kandang dengan bagaimana manajemen pemeliharaannya, “Ini juga kita nanti memberi masukkan bagaimana baikknya dengan melihat fakta yang ada di TBTA, nanti mahasiswa masing-masing membuat laporan, mereka pilih satu jenis satu kandang dan jumlah burung yang diamati berjumlah 25 Jenis,” Tutupnya.

Praktek tersebut diikuti oleh mahasiswa semester 6, dan hanya dilakukan selama sehari, direncakan tim praktek akan bertolak kembali ke Manokwari pada Selasa, 17 April 2018. (RED/ON).

Baca Juga :  Guna Perpanjang Akreditasi Jurusan Biologi Unipa, Ursula Maker Harap Partisipasi Alumni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here