Progres 90 Persen, Mahasiswa Polbangtan akan Budidaya Jamur Tiram

0
Progres 90 Persen, Mahasiswa Polbangtan akan Budidaya Jamur Tiram

Orideknews.com, MANOKWARI – Jamur Tiram yang bernama latin Pleurotus ostreatus termasuk dalam kelompok Basidiomycota ini akan dibudidayakan oleh mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.
Melalui program PWMP mahasiswa Polbangtan mencoba kembangkan budidaya Jamur Tiram tersebut, dengan dibina oleh Polbangtan. Saat ini usaha tersebut sedang dalam proses pengerjaan oleh mahasiswa.
Usaha jamur tiram ini akan digeluti mahasiswa karena sampai saat ini di Kabupaten Manokwari belum dikembangkan dalam skala besar. Sehingga kesempatan itu, dilirik oleh Polbangtan untuk membina mahasiswa untuk penuhi permintaan pasar.
Susan C Labatar S.Pt. M.Si (Polbangtan Manokwari) dan Ludia T Wambrau SP. M. Agribus. P.hD ( UNIPA) saat melakukan Monitoring dan Evaluasi
Kelompok usaha jamur tiram yang akan dirintis oleh Agung dan anggota kelompoknya tersebut akan dapat menampung kurang lebih 8000 baglog dengan kisaran panen setiap harinya sekitar kurang lebih 25-40 kilo gram.
“Progres usaha saat ini sudah  90 persen, kami tinggal menyelesaikan pembangunan ruang steril untuk memasukkan bibit jamur penyimpanan dalam masa inkubasi.
Ia mengaku untuk bibit jamur tiram sendiri akan didatangkan dari luar. “Kami datangkan dari makasar,” ucap Agung. (RR/ON)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here