STPP Manokwari Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

0

 







Aksi Pembersihan Sampah di Pulau Lemon Manokwari, Papua Barat. (FOTO: IST)
Orideknews.com, MANOKWARI – Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari bersama sejumlah komunitas masyarakat peduli lingkungan melakukan aksi bebaskan Pulau Lemon (Pulmon) Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dari sampah.

Aksi tersebut dilakukan bertepatan di Hari Sampah Nasional pada Sabtu (24/2), berangkat dari pantai BLK Manokwari, komunitas menumpangi perahu yang disiapkan untuk menuju pulau tersebut.

Imanuel Womsiwor, salah satu dosen pendamping mahasiswa STPP Manokwari yang ikut serta berpartisipasi di hari sampah nasional mengajak untuk mengingatkan warga akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan juga pentingnya memilah sampah organik dan sampah non organik.

“Di hari sampah nasional ini, kami mengajak kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan terutama dari sampah, kami juga mengajak warga untuk membersihkan berbagai jenis sampah yang berada di seputar pesisir pulau.” Tuturnya

Menurutnya, dengan produksi sampah yang tinggi perharinya, permasalahan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Tingginya produksi sampah perharinya menunjukkan kalau hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Sementara, salah seorang mahasiswa STPP Manokwari Halimu Maswatu mengaku antusias dengan adanya peringatan hari sampah ini. Aksi peduli sampah ini bisa menjadi pengingat warga agar semakin peduli lingkungan.

“Senang sekali dengan acara semacam ini, semoga ke depannya tidak hanya pulau lemon tetapi kota Manokwsdi lebih bersih dan kalau bisa acara seperti ini seminggu sekali diadakan terutama bagi anak muda.” Ujar dia

Pantauan Orideknews.com, selain STPP Manokwari, komunitas yang turun melakukan pembersihan ke Pulmon terdiri dari, kantor kesehatan pelabuhan, Himpunan ahli kesehatan lingkungan (Hakli) Indonesia, Manokwari dan Papua Barat.

Tak hanya itu, Palang Merah Indonesia(PMI), Fakultas Kelautan Perikanan Unipa Manokwari, Senkom Mitra Polri, Kodim 1703 Manokwari, Brigade Maguni Indonesia, Pelita, Kawal, Sobat Ombudsman, Indo Barka, Dinas Kesehatan Papua Barat, Kiorang The Macz Man Papua Barat, Saka Bayangkara, BIN, Rapi, dan STIH Manokwari.(GAL/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here