STPP Manokwari Terjunkan 20 Mahasiswa PKL II ke Perbatasan Jayapura-PNG

0
20 orang mahasiswa STPP Manokwari melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) II di wilayah perbatasan antara Jayapura dan PNG.

Orideknews.com, MANOKWARI – Mendukung Program Pengembangan Lumbung Pangan di daerah perbatasan, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari mengirim 20 orang mahasiswanya untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) II di wilayah perbatasan antara Jayapura dan PNG yakni di Distrik Muara Tami.
Hal itu diungkapkan Ketua panitia PKL II STPP Manokwari, Ir. Nani Zurahman, MP saat melakukan penyerahan mahasiswa PKL II STPP Manokwari kepada pemerintah kota Jayapura melalui kepala Distrik Muara Tami yang diwakili oleh kepala seksi kesejahteraan sosial.
Nani menjelaskan, dalam rangka menguatkan sinergi antara arah kebijakan dari badan nasional pengelola perbatasan dengan badan penyuluhan dan pengembangan SDM pertanian, maka pusat pendidikan pertanian bekerjasama dengan Kedeputian Potensi Kawasan Perbatasan Darat dengan melakukan kegiatan PKL mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan oleh dosen STPP Manokwari.
Diharapkan dari kegiatan pengabdian dosen agar berperan serta dalam melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat, dan untuk PKL adalah untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan penyuluhan terutama di perbatasan.
“Kegiatan PKL dan PKM mengapa harus dilakukan di perbatasan, ini bertujuan  untuk menjadikan wilayah perbatasan sebagai lumbung pangan yang digerakkan oleh generasi muda dan pelaku utama pertanian.” kata Nani.
Disebutkan, Pelaksanaan PKL II itu akan dilakukan selama satu bulan yakni terhitung sejak 5 Juli hingga 5 Agustus 2018.
Dari 20 mahasiswa PKL II di tempatkan di distrik Muara Tami yang di sebarkan empat kampung yakni kampung Holtekam, Skosai, Skomabo dan dan kampung Skoyambe.
“Mahasiswa PKL II ini adalah mahasiswa semester enam terdiri dari 10 orang jurusan Penyuluhan peternakan, dan 10 orang jurusan penyuluhan pertanian.” Sebutnya.
Nani mengatakan, sebelum mahasiswa  turun lapangan, sudah mendapatkan pembekalan oleh dosen STPP Manokwari, Kepala BPP Manokwari dan mendapatkan Bimtek dari Badan nasional pengelola perbatasan.
“Sebelum turun lapangan mahasiswa di beri pembekalan dan Bimtek.” Kata dia
Dia berharap mahasiswa dapat bersosialisasi dengan masyarakat, meningkatkan kemampuan penyuluhan.
Sementara Gusniati, S.STP, Kepala seksi Kesejahteraan Sosial Distrik Muara Tami, dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah merasa terbantu dengan hadirnya mahasiswa PKL tersebut.
“Kami pemerintah Distrik mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa PKL 2 di Distrik Muara Tami. Kami berterimakasih karena telah memilih Distrik kami untuk melakukan PKL, harapan kami mahasiswa betah disini, dan semoga bisa bersosialisasi dengan masyarakat.” Tuturnya
Dia menjelaskan, Distrik Muara Tami adalah Distrik perbatasan di Jayapura, terdiri dari dua kelurahan dan memiliki enam Kampung. (EY/ON)
Baca Juga :  Mahasiswa STPP Manokwari dan Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Kebuntingan Ternak



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here