Target 5 Kabupaten, Purwanta Minta Dukungan untuk Mensukseskan Petani Milenial di Papua Barat

0
Target 5 Kabupaten, Purwanta Minta Dukungan untuk Mensukseskan Petani Milenial di Papua Barat
Orideknews.com, MANOKWARI – Guna membuka lapangan kerja dan mengurangi penggangguran, menekan kemiskinan dan menumbuhkan wirausaha muda pertanian (Agro-Enterpreneruship).
Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Republik Indonesia membentuk Program Petani Milenial.
Program tersebut, BPPSDMP menargetkan petani milenial untuk seluruh Indonesia dimasing-masing sector dengan rincian, untuk tanaman pangan 500.000  petani milenial dengan kuota 20.000 kelompok dengan komoditas seperti Padi, Jagung, Kedelei, Alsin, Pascapanen, Alsintan (TR2/TR4,Pompa Air) PUPM.
Bidang Peternakan, 167.500 petani milenial dengan 6.700 kelompok dengan komoditas unggas, sapi, potong/kerbau, sapi perah, domba/kambing, Babi, PPH-Nak.
Pada bidang Holtikultura  BPPSDMP menargetkan 192.500 petani milenial dengan 7.700 kelompok dengan komoditas bawang merah, bawang putih, cabai, buah-buahan, tanaman hias, tanaman sayuran, PPH-Horti, Alsintan (Cutivator), KRPL.
Sedangkan untuk bidang perkebunan BPPSDMP menargetkan 140.000 petani milenial dengan 5.600 kelompok yang dikhususkan pada komoditas seperti, kopi, kakao, tebu, teh, aneka rempah (lada, cengkeh, pala) karet, kepala, jambu mete dan PPH-Bun.
Dari empat bidang yang ditargetkan BPPSDMP, Papua Barat masuk dalam zona kawasan prioritas berdasarkan kepmentan nomor: 472/kpts/RC.040/2018 tentang lokasi kawasan pertanian nasional.
Di Papua Barat, zona kawasan seperti Manokwari, Fakfak, Sorong, Tambrauw dan Manokwari Selatan akan dibentuk 3.091 petani milenial dengan target 124 kelompok. Komoditas yang ditarget adalah ternak Babi dan Sapi Potong.
“Kegiatan tersebut akan di mulai awal Februari dengan berkoordinasi dengan dinas tanaman pangan dan holtikultura serta dinas peternakan dan kesehatan hewan provinsi Papua Barat,” ujar Direktur Polteknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes saat apel pagi, Senin, (21/1/2019) di halaman Polbangtan Manokwari.
Purwanta  juga berharap kepada Dosen dan Pegawai serta Mahasiswa  dilingkup Polbangtan untuk  mensukseskan kegiatan tersebut. (RR/ON).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here