14 Orang Wajah Baru Dominasi Kursi DPRD Mamberamo Raya

0
14 Orang Wajah Baru Dominasi Kursi DPRD Mamberamo Raya
14 Orang Wajah Baru Dominasi Kursi DPRD Mamberamo Raya
Orideknews.com, Burmeso,- Komisi pemilihan umum kabupaten Mamberamo Raya menetapkan raihan kursi  dan caleg terpilih DPRD Kabupaten Mamberamo Raya pada Rabu malam, (24/7/2019) di kantor KPU Jln. Demyanus Kyeuw- Kyeuw Kasonaweja.
Komisioner KPU Mambramo Raya Divisi Data dan Informasi, Hasan Tomo dalam sambutannya mengatakan rapat pleno tersebut merupakan tahapan pamungkas dari rangkaian Pemilu 2019.
Setelah sebelumnya dimulai dengan tahapan pendaftaran, hingga pencoblosan dan penghitungan surat suara yang cukup memakan waktu dan energi.
“Pleno ini merupakan bagian dari proses yang harus di lalui, dimulai dengan penghitungan jumlah kursi per daerah pemilihan, hingga jumlah suara yang duduk di parlemen, berdasarkan perhitungan hasil Pemilu 2019. Untuk kemudian kita tetapkan sebagai calon terpilih untuk periode 2019-2024,” ungkap Hasan Tomo
Dikatakannya, rapat pleno penetapan kursi dan caleg terpilih didasarkan pada UU Nomor 7 tahun 2019 tentang pemilu dan sesuai surat KPU RI perihal penetapan kursi dan penetapan caleg terpilih, maka KPU Mamberamo Raya perlu menindaklanjutinya maka segera melaksanakan PKPU No.5 tahun 2019 tentang penetapan calon terpilih hasil pemilu. Dengan demikian sidang pleno tersebut bersifat segera.
“Dasar dari surat KPU RI Surat panittera Mahkamah Konstitusi RI mengenai tidak ada lagi gugatan PHPU, sehingga kami harus menetapan hasil perolehan kursi dan caleg terpilih, selanjutnya kita akan usulkan ke Gubernur melaluli Bupati Mamkbramo Raya untuk dapat diproses SK ke Mendagri,’’ terang Hasan
Berdasarkan rapat pleno tersebut, Partai Golkar ditetapkan sebagai partai pemenang pemilu 2019 di kabupaten Mamberamo Raya dengan perolehan kursi sebanyak 3, di susul Perindo 2 kursi, Nasdem 2 kursi, Hanura 2 kursi, PBB 2 kursi, PSI 2 kursi sedangkan partai lainnya hanya mendapatkan 1 kursi.
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih anggota DPRD Mambramo Raya dihadiri hanya di hadiri 3 Komisioner Anggota KPU Mambramo Raya masing- masing Hasan Tomo, Marthen Murafer dan Meitty Ebta Rumandewai, pimpinan partai politik, Komisioner Bawaslu, Wakapolres, Pabung 1712 Sarmi dan tamu undangan lainya. (NAP/ON)
Berikut rincian perolehan kursi Parpol dan Caleg terpilih DPRD Kabupaten Mamberamo Raya
Partai Golkar
Kores Rakuko 587 suara sah
Elias Basutey 521 suara sah
Pisces Ayomi 167 suara sah
Partai Perindo
Dony Pateh 387 suara sah
Marthen Imbiri 157 suara sah
Partai NasDem
Habel Iriory 239 suara sah
Didimus Saworo 369 suara sah
Partai HANURA
Oktovianus Meob 359 suara sah
Banny Kujiro 542 suara sah
Partai PSI
Samy Kweresa 530 suara sah
Marinus Bedareyai 233 suara sah
Partai PKS
Zeth Silo 366 suara sah
Partai PDIP
Mada.Marlince Rumaikewi 310 suara sah
Partai Gerindra
Hendrik Dorinus Dasinapa173 suara sah
Partai PPP
Amelius Neunuma 327 suara sah
Partai Demokrat
Martha Kakisina 399 suara sah
Partai Berkarya
Lince Jikwa 556 suara sah
Partai PKB
Yunus Wanimbo 300 suara sah.
Baca Juga :  Relawan BTI : Hasil Pleno Tingkat Kabupaten/Kota Tidak akan Berubah di Provinisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here