Apresiasi Gubernur Papua, Warinussy Harap Gubernur Mandacan Ikut Jejak Enembe

0
Gubernur Papua, Lukas Enembe. Foto: papua.go.id
Gubernur Papua, Lukas Enembe. Foto: papua.go.id

Orideknews.com, MANOKWARI, – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, SH menilai langkah Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk menutup penerbangan penumpang dan kapal penumpang dari luar Papua ke Papua kemarin (Selasa, 24/3) cenderung baik dan penting untuk mendapat dukungan semua pihak.

Menurut Warinussy, dari sisi pencegahan dan kepentigan perlindungan bagi rakyat dan penduduk di Provinsi Papua, langkah Pak Enembe patut diacungi jempol.

“Selanjutnya saya ingin memberi saran agar Gubernur Papua memerintahkan dilakukannya langkah penting untuk memastikan bahwa, para dokter dan paramedis maupun relawan yang bekerja pada garda terdepan dalam penanganan kasus pandemi Covid-19 dan keluarga mereka, mendapatkan perlindungan hukum dan kesehatan yang memadai sesuai standar internasional (WHO/World Health Organization),” kata Warinussy.

Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua, Yan C Warinussy,SH
Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua, Yan C Warinussy,SH

Lanjut, kata Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua ini, perlu dilakukan penambahan alat perlindungan kesehatan yang sesuai standar WHO untuk menolong para pasien yang ditangani serta juga bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan secara maksimal.

“Kemudian penting disiapkan rumah sakit tertentu di kota besar seperti Jayapura, Biak, Nabire, Wamena, Timika dan Merauke guna kepentingan isolasi dan penanganan khusus bagi penderita pandemi Covid-19 tersebut secara maksimal,” sebutnya.

Dikatakanya, kiranya langkah pemerintah Provinsi Papua di bawah pimpinan Gubernur Lukas Enembe itu dapat menjadi pemicu bagi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan untuk melakukannya juga di Provinsi Papua Barat yang masih “terbuka” hingga hari ini. (ALW/ON)

Baca Juga :  Patuhi UU Otsus dan Dibentuknya Komisi Rekonsiliasi HAM akan Diupayakan Wamafma



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here