NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

ManokwariPapua Barat

Balitbangda Papua Barat dan Bentara Papua Gelar Penulisan Berita dan Editing Video

1 Mins read

Orideknews.com, Manokwari,- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat menggandeng Perkumpulan Bentang Nusantara (Bentara) Papua menggelar pelatihan penulisan berita dan editing video Rabu, (13/5/2020) di kantor Bentara Papua.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si, FLS, menyampaikan bahwa, terselenggaranya kegiatan itu atas kerja sama Balitbangda dan Bentara Papua.

“Jadi, Profesi jurnalis itu sama dengan profesi peneliti, karena jurnalis memiliki integritas, disiplin kejujuran sehingga mengantarkannya pada kesuksesan. Jurnalis yang membuat berita itu harus jujur harus sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan tidak boleh memanipulasi karena kepentingan-kepentingan tertentu,” ujar Prof. Charlie

Dikatakannya, belajar bukan hanya secara formal, tetapi dapat mengikuti pembelajaran pada kegiatan-kegiatan informal seperti ini lebih efektif untuk kita memahami apa yang sedang dipelajari, karena kegiatan yang dilakukan itu tidak hanya diajarkan teori tetapi dibarengi dengan praktek langsung.

“Jadi, saya mengajak kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik kerena belajar itu dimana dan kapan saja kita harus terus belajar selama kita masih hidup,” kata Prof. Charlie.

Hal sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat Frans Pieter Istia, S.Sos.,MM, bahwa dalam menulis berita harus sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik agar tidak terkesan apa yang ditulis itu mengada-ngada.

“Kita sebagai seorang calon jurnalis itu harus menulis berita sesuai dengan unsur 5W + 1H, dan membuat judul itu sesuai dengan apa yang sedang kita tulis sehingga orang membaca itu sudah bisa mengetahui isi dalam berita itu, bukan sebaliknya akibat mencari ketenaran sehingga melupakan etika dari jurnalitik,” tutur Frans.

Dia juga menyampaikan apresiasi untuk kegiatan tersebut, dan berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegitan dengan baik, agar apa yang didapat selama pelatihan bisa diaplikasikan demi menambah SDM Papua Barat.

“Saya berharap agar peserta yang mengikuti kegiatan belajar menulis berita dan edit video ini kedepan bisa membantu kami di Dinkominfo Papua Barat itupun kalau mereka bersedia,” tutupnya. (BAC/ON)

Related posts
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
OlahragaPapua Barat

Menuju Gelaran PON XX Papua 2021, KONI PB Bahas Persiapan TC Puslatprov

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Jelang hajatan Nasional di tanah Papua yakni PON XX Papua November 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: