NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

ManokwariPertanianPolbangtan Manokwari

Bantu Petani, Mahasiswa PKL Polbangtan Manokwari Semai Bibit Gunakan Daun Sebagai Pengganti Plastik

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang melaksanakan PKL II dan Pendampingan pembangunan pertanian konstrani di Kampung Aimasi SP3 Prafi, Manokwari, membantu petani melakukan persemaian bibit terong.

Pada persemaian ini, digunakan daun pisang sebagai wadah persemaian alami untuk menggantikan plastik.

Mahasiswi PKLII prodi Penyuluhan Perternakan dan Kesejahteraan Hewan, Polbangtan Manokwari, Vebri Warkawani menjelaskan, sebelum bibit digerminasi atau disemai, terlebih dahulu diberi perlakuan dengan merendam benih menggunakan air hangat hingga berkecambah.

Kemudian, penanaman terong menggunakan 6 bedengan yang telah dicampuri pupuk urea dan pupuk kandang. Luas areal yang dimiliki petani sebanyak 1 hektar yang ditanami komoditi terong, bayam, ketimun, melon, dan jagung.

Selain melaksanakan pendampingan, kata Vebri, petani diarahkan untuk pengambilan data konstratani. Serta mengidentifikasi data permasalahan petani maupun kelompok tani.

Salah satu petani, di Kampung Aimasi SP3 Prafi, Japar mengaku penggunaan daun pisang sebagai wadah semai sangat baik karena selain mudah didapat, bahannya alami.

“Kenapa saya menggunakan daun pisang sebagai wadah persemaian, karena sederhana, mudah, praktis dan tidak perlu dibeli, begitu ditanam langsung pindah ditanah dan akar tidak terganggu beda dengan plastik,” sebut Japar. (RR/ON)

Related posts
KesehatanManokwariPapua Barat

Kadis Kesehatan Papua Barat Dukung Pelaksanaan LK-II HMI Cabang Manokwari

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Dukungan para pihak untuk pelaksanaan Intermediate Training Latihan Kader (LK-II), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, semakin tidak terbendung…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua Barat

Vaksin Lindungi Tubuh Dari Ancaman Covid-19, P2M Dinkes Pabar: Masyarakat Tidak Perlu Takut

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Edi Sunandar, ST.,M.Si mengaku vaksinasi Covid-19 sangat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariPapua BaratSosial

GMNI Manokwari Galang Dana untuk Sulawesi

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Berawal dari bencana alam yang melanda Sulawesi, DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Manokwari, turun jalan untuk melakukan penggalangan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: