Bekali Penanaman Jiwa Kepemimpinan Bagi Mahasiswa, Polbangtan Manokwari Gelar LDK

0
Bekali Penanaman Jiwa Kepemimpinan Bagi Mahasiswa, Polbangtan Manokwari Gelar LDK
Bekali Penanaman Jiwa Kepemimpinan Bagi Mahasiswa, Polbangtan Manokwari Gelar LDK
Orideknews.com, MANOKWARI, – Guna membentuk dan membekali karakter  serta penanaman jiwa kepemimpinan, kepercayaan diri, kualitas mental dan moral mapun kerjasama mahasiswa di lingkup Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari. Pada 7-9 November 2019 digelar Latihan Dasar Kempemimpinan (LDK).
Kegiatan itu juga dalam rangka tri dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan perlu adanya pembinaan kemahasiswaan melalui program pengembangan diri, salah satunya adalah LDK. Hal itu dikatakan direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes Kamis, (7/11/2019).
“Permasalahan sekarang itu pembentukan karakter, sehingga sangat penting dilakukan untuk mahasiswa untuk menunjang kesuksesan mereka nanti dilapangan setelah kembali ke Masyarakat,” ungkapnya.
Purwanta mengaku, tujuan dari LDK itu adalah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dari sisi kompetensi, manajerial mapun perilaku serta memiliki pemahaman dan keterampilan tentang organisasi.
“Memiliki karakter seorang pemimpin yang memiliki intelektual, kreatifitas serta nalar berpikir yang berguna bangsa Indonesia dan melatih kemampuan dalam hubungan dan kerjasama dengan orang lain,” ucap Purwanta.
Dikatakan Purwanta, pihaknya sejak dini melakukan pembentukan karakter karena sesuai kajian bahwa, 80 persen karakter menentukan keberhasilan alumni setelah lulus.
“Terkait kemampuan akademik kurang lebih 20 persen, jadi 80 persen itu dari karakter, salah satu upaya yaitu, dengan dilakukannya LDK,” bebernya.
Terkait materi yang diberikan, Purwanta mengaku, seputar penumbuhan jiwa kepemimpinan, dinamika kelompok dan yang berkaitan lainnya dari pihak internal Polbangtan maupun pihak luar yang terkait. (RR/ON)
Baca Juga :  Bimtek Petani Milenial di Mansel Dibekali Materi dan Pelayanan Kesehatan Ternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here