Bimtek Petani Milenial di Mansel Dibekali Materi dan Pelayanan Kesehatan Ternak

0
Orideknews.com, MANOKWARI SELATAN, – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka mendukung program Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau di Kabupaten Manokwari Selatan, pada 18-19 September 2019 di distrik Oransbari, kabupaten Manokwari Selatan.
Dalam Bimtek itu, pada hari pertama diisi dengan materi dan diskusi mengenai Peningkatan Mutu Sapi Melalui Inseminasi Buatan (IB dan Deteksi Birahi) dan Diagnosa Kebuntingan yang disampaikan oleh Dr. Ir. P.D. Sadsoeitoeboen, M.Si.
Kemudian, penyampaian materi Kebijakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan terkait Bidang Pertanian oleh Frans W. Meokbun, S.ST dan materi Gangguan Reproduksi pada Sapi, Penanganan, dan Kerugiannya oleh drh. Edi Purwono, M.Sc.
Selanjutnya, hari kedua Bimtek, digelar pelayanan kesehatan ternak dan praktek deteksi birahi, serta pemeriksaan kebuntingan pada 29 ekor sapi di Kampung Margomulyo, Margorukun, dan Sidomulyo di Distrik Oransbari.
Pelayanan kesehatan ternak ini meliputi, pemeriksaan kesehatan ternak sapi, pemberian obat cacing, vitamin B kompleks, vitamin ADE, pemeriksaan rektal untuk mendeteksi kebuntingan, pemberian hormon untuk sinkronisasi estrus, dan pelayanan IB. (RR/ON)
Baca Juga :  Kapolda PB: Pendidikan dan Potensi Pariwisata di Papua Luar Biasa, Mindset Lulusan Harus Diubah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here