BKD Papua Sebut Penerimaan CPNS di Sesuaikan Dengan Kemampuan Daerah

0
Suasana diskusi panel CPNS ynag diselenggarakan oleh Pengurus Ikatan Alumni FKM Uncen
Suasana diskusi panel CPNS ynag diselenggarakan oleh Pengurus Ikatan Alumni FKM Uncen
Orideknews.com, JAYAPURA, – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyebutkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahun disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan Aparatur BKD Provinsi Papua, Origenes Kambuaya, SH, MM dalam diskusi panel CPNS ynag diselenggarakan oleh Pengurus Ikatan Alumni FKM Uncen, Rabu, (23/10/2019).
“Jadi memang yang harus saudara-saudara tahu, bahwa penerimaan CPNS selama ini disesuaikan dengan anggaran daerah, kita boleh mengusulkan misalnya kita usulkan untuk bidang prioritas seperti pendidikan dan kesehatan serta bidang teknis lainnya. Nah nanti  pemerintah pusat melalui Kementerian PAN-RB yang menghitung lagi,” jelas Origenes.
Dikatakannya, selama ini pihaknya selalu mengusulkan sesuai dengan apa yang diusulkan oleh Organisasi Perangkat Daerah terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kesehatan tetapi, pusat yang menentukan.
” Sebagai contoh pada penerimaan CPNS formasi tahun 2018, kita mengusulkan untuk formasi penerimaan sebanyak usulan dari OPD, nah setelah itu kita mendapat formasi dari pusat sebanyak 606 formasi,”tuturnya.
Lanjut Origenes, dari 606 formasi itu, merujuk pada nawa cita presiden Joko Widodo, maka untuk bidang kesehatan mendapat  kuota 101 formasi, pendidikan mendapat kuota 381 dan teknis lainnya mendapat kuota 124.
“Untuk pendaftar memang prioritas penerimaan adalah 80 persen untuk orang asli Papua dan 20 persen untuk Non Papua, namun kenyataan untuk bidang pendidikan, pendaftar OAP kurang,” ungkapnya.
Dia mengharapkan diskusi-diskusi panel, kedepan harus melibatkan alumni FKM di kabupaten/kota, sehingga output yang diinginkan bisa dicapai.
Sementara itu, Dekan FKM Uncen, Dr. Arius Togodly, SPd, Mkes meminta alumni FKM secara intens berkontribusi bagi kampus FKM, melalui berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan maupun siap untuk dilaksanakan.
“Ini baik, mari kita bersama-sama membangun kampus FKM Uncen,”pungkasnya. (YM/ON/**)
Baca Juga :  Bappeda Mamberamo Bantah Laporan Terkait Penyalahgunaan Jabatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here