Calon Maba Tak Lulus Tes Kesehatan, Polbangtan Manokwari Telah Menyiapkan Mahasiswa Cadangan

0
Calon Maba Tak Lulus Tes Kesehatan, Polbangtan Manokwari Telah Menyiapkan Mahasiswa Cadangan
Calon Maba Tak Lulus Tes Kesehatan, Polbangtan Manokwari Telah Menyiapkan Mahasiswa Cadangan
Orideknews.com, MANOKWARI, – Tes kesehatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2019/2020 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari telah dilaksanakan pada 12 – 14 Agustus 2019 di rumah sakit umum daerah (RSUD) Manokwari.
Tes kesehatan yang diikuti 100 calon mahasiswa baru tersebut, berdasarkan keputusan kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian No.60/SN220/2019 tentang tata cara penerimaan mahasiswa baru pendidikan tinggi vokasi lingkup kementerian Pertanian.
“Jadi pemeriksaan kesehatan ini, dilaksanakan bagi calon mahasiswa Polbangtan Manokwari yang telah lulus seleksi tes akademik melalui CAT (Computer Assisted Tes) dan wawancara, nah setelah mahasiswa dinyatakan lulus, maka kewajiban mereka masuk dalam tahap berikut yaitu tes kesehatan,” ujar wakil direktur I Polbangtan Manokwari, Susan C Labatar, S.Pt, Rabu, (14/8/2019).
Dia menjelaskan bahwa, tes kesehatan bagi PMB ini meliputi tes buta warna permanen, HIV, Narkoba, Hepatitis dan Penyakit menular dengan stadium yang kronis. “Ketika sudah ada hasil pemeriksaan dari dokter, maka jika lulus akan dinyatakan sebagai mahasiswa Polbangtan Manokwari,” jelas Susan.
Tahapan tes kesehatan ini, kata Susan tentunya mahasiswa telah melewati tes kelengkapan berkas, tes potensi akademik CAT dan wawancara.
“Kalau ada yang tidak memenuhi syarat kesehatan maka dia akan diganti dengan yang calon mahasiswa cadangan yang memenuhi syarat, mungkin yang mempunyai nilai dibawah mahasiswa yang bersangkutan, kemudian dia akan tetap laksanakan tes juga,” tuturnya.
Susan C. Labatar, S.Pt, M.Si,
Susan menjelaskan bahwa, ada cadangan calon mahasiswa yang disiapkan untuk menggantikan calon mahasiswa lain yang tidak dinyatakan lulus kesehatan ataupun yang mengundurkan diri saat tahapan berlangsung.
“Terkait hasil tes kesehatan  akan diumumkan seminggu kedepan, sehingga calon mahasiswa diharapkan selalu mengupade informasi dari Kampus,” harap Susan. (RR/ON)
Baca Juga :  Momentum HUT RI, Haryono dan Rekan-rekan Bagi-bagi Peralatan Sekolah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here