Diketuai Purwanta, BPPSDM Menargetkan 3.091 Petani Milenial di Papua Barat

0
Diketuai Purwanta, BPPSDM Menargetkan 3.091 Petani Milenial di Papua Barat
Orideknews.com, MANOKWARI – Sektor Pertanian kini semakin menarik minat kaum milenial di Indonesia. Hal ini juga terlihat pada pembentukan program “Petani Milenial” oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Republik Indonesia, Sabtu, (19/1/2019).
Dari selebaran yang diterima www.orideknews.com, Senin, (20/1/2019) BPPSDMP melirik petani muda berusia 19-39 tahun yang berjiwa milenial dan adaptif terhadap teknologi digital.
Tujuannya membuka lapangan kerja dan mengurangi penggangguran, menekan kemiskinan dan urbanisasi serta menumbuhkan wirausaha muda pertanian (Agro-Enterpreneruship).
BPPSDMP menargetkan 1000.000 petani milenial di Indonesia dengan 40.000 kelompok dimana 1 kelompok terdiri dari 20-30 orang.
Target BPPSDMP ini, masing-masing sektor adalah meliputi, Tanaman Pangan, peternakan, Holtikultura dan Perkebunan.
Pola penumbuhan dan penguatan petani milenial dengan persiapan sosialisasi, identifikasi, verifikasi dan penetapan kelompok.
Pembentukan program “Petani Milenial” oleh BPPSDMP ini, Papua dan Papua Barat termasuk dalam zona kawasan petani milenial dari 34 Provinsi di Indonesia.
Untuk Papua Barat, BPPSDMP menargetkan 3.091 petani milenial dengan target 124 kelompok dan diketuai oleh Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.
Informasi yang diterima media ini, program “Petani Milenial” khusus Papua Barat akan dijalankan awal bulan Februari 2019 mendatang. (RR/ON).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here