Ditetapkan Sebagai Calon KNPI Pegaf, Sem Iba Harap Pemilihan Ketua Berjalan Aman

0
Calon Ketua KNPI Pegaf, Sem Iba saat menyerahkan persyaratan kepada Steering Comite. Foto: ONE
Calon Ketua KNPI Pegaf, Sem Iba saat menyerahkan persyaratan kepada Steering Comite. Foto: ONE

Orideknews.com, MANOKWARI, – Salah satu bakal calon Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) priode 2020-2023, Sem Iba resmi dinyatakan sebagai calon tetap, pada 24 Oktober 2020.

Penetapan Sem Iba itu setelah adanya verifikasi oleh steering comite yang kemudian nyatakan lengkap. “Maka saya sudah resmi ditetap sebagai calon ketua KNPI Pegaf,”kata Sem Sabtu (25/10/2020).

Menurutnya, syarat yang digunakan untuk mendaftar adalah dukungan KNPI distrik, OKP serta Cipayung dan semuanya diverifikasi.

Sebagai anak muda, Sem Iba berharap, kepada seluruh pemuda di 10 distrik Kabupaten Pegaf, agar dapat mendukungnya apabila dirinya terpilih sebagai Ketua KNPI Pegaf.

“Motivasinya saya untuk maju, tidak ada lain selain menjadikan KNPI sebagai tempat reproduksi generasi muda Arfak yang beintegritas, dan mampu bersinergi dengan pemerintah serta membangun masyarakat,”ujar Iba.

Maka diharapkan dalam Musda II atau pemilihan Ketua KNPI Pegaf, panitia dapat melaksanakannya dengan baik sesuai peraturan organisasi.

“Soal menang atau kalah, itu urusan belakangan. Yang penting kita bisa mengikuti proses tahap demi tahap, karena ini sebagai proses pembalajaran. Proses itu lebih penting daripada hasil akhir,” ungkap Sem.

Sem Iba mengakui, sebagai pemuda Arfak, dirinya baru terlibat dan mengikuti tahapan dalam organisasi seperti KNPI.

“Jujur bahwa kami pemuda Arfak, masih banyak yang belum pernah mengikuti tahapan-tahapan organisasi seperti ini. Apalagi yang namanya organisasi KNPI, dan ini yang pertama. Maka saya bukan hanya mau berkonstetan atau maju, tetapi saya juga mau belajar mekanisme organisasi,” tuturnya.

Sem Iba menyebut, proses pembelajaran organisasi dilaksanakan, agar para pemuda di Pegaf dapat mengetahui secara langsung.

“Saya melihat pemuda pegunungan arfak memiliki potensi yang baik, dan memiliki hati yang besar untuk berorganisasi. Maka harus dilakukan sesuai mekanisme organisasi,” tutur Sem.

Baca Juga :  Polbangtan Manokwari Gelar Rakor Pembangunan Pertanian dan Pendampingan Kostratani Papua Barat

Dia mengungkapkan, apabila dalam Musda II nanti dia terpilih sebagai ketua KNPI Pegaf, maka sudah barang tentu akan mengakomodir atau merangkul pemuda dari Arfak yang berada di Kabupaten Pegaf.

“Saya memiliki program tersendiri, salah satunya membangun sumber daya manusia (SDM) dan mendorong pemerintah dalam menyiapkan tenaga mengajar. Ini yang menurut saya masih menjadi permasalahan serius di Kabupaten Pegaf,”ungkapnya.

Selain itu, kata dia, KNPI juga akan mendorong Pemda guna mengangkat Potensi Wisata. Namun tentunya tergantung program pemerintah. Tetapi, dia menegaskan, pada prinsipnya, sebagai pemuda tetap mendukung pemerintah dalam membangun masyarakat dan potensi lainnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya berharap kepada penitia pelaksana musyawarah agar bekerja sesuai mekanisme organisasi. Supaya Musda II tersebut dapat terlaksana aman dan damai.

“Kita berharap tidak ada hal-hal yang terjadi, sehingga menghambat proses Musda nanti. Saya juga berharap kepada panitia pelaksanakan, dapat melibatkan seluruh pemuda Arfak untuk menyaksikan Musda tersebut,” lanjut Sem.

Disisi lain, dirinya mengajak para calon lainnya, agar bersama-sama bergandengan tangan menyukseskan Musda II KNPI Pegaf.

“Mari kita sama-sama maju dengan pikiran sehat. Jika nanti siapa yang terpilih, harus merangkul kita semua. Dan kalau saya secara pribadi, kalau saya menang. Tetap saya rangkul semua,”tutup Sem. (ONE/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here