Generasi Tani Milenial Polbangtan Manfaatkan Pekarangan Kampus Untuk Ketahanan Pangan

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Generasi tani milenial Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari memanfaatkan pekarangan kampus untuk menyediakan pangan bagi keluarga besar Polbangtan Manokwari.

Tenaga Pengajar Polbangtan Manokwari, Imanuel Womsiwor yang mendampingi mahasiswa pada Minggu sore (17/5/2020) mengatakan, mahasisiwa menanam Tomat dan sawi di lahan praktek.

“Aktifitas hari ini, mendampingi Mahasiswa-mahasiswi menanam tanaman tomat di lahan praktek, Kampus Polbangtan Manokwari. Penanaman tanaman sawi dan tomat dengan menggunakan pupuk Bokashi yang terbuat dari batang pisang,” jelas Womsiwor.

Dikatakannya, selain batang pisang yang dimanfaatkan, daun pinang pun digunakan sebagai naungan pada tanaman sawi hijau dan sawi putih di lahan praktek.

Sementara itu, direktur  Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes  menyebut, Polbangtan Manokwari siap mencetak Sumberdaya Manusia Pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing dalam mendukung Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045, salah satunya dengan peran aktif mahasiswa dalam mengolah pekarangan yang ada di lingkungan kampus.

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam berbagai kesempatan menyerukan agar di tengah pandemi covid-19, masyarakat Indonesia memanfaatkan pekarangan untuk ketahanan pangan.

“Dimasa pandemi covid-19 seperti ini, ayo kita tingkatkan pemanfaatan pekaranagan rumah sebagai sumber pangan keluarga,” sebut Menteri SYL. (RR/ON)

Baca Juga :  Inilah Juara Duta Genre 2 Kategori Yang Diharapkan Mampu Menyebar Virus Genre



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here