Hugo Asrouw Minta Jimmy Idjie Tidak Sangkut Pautkan CPNS dan OPM

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Pemuda kabupaten Tambrauw yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Tambrauw, Hugo C Asrouw mengakui bahwa, pernyataan Anggota Komisi V DPR-RI Jimmy Demianus Idjie yang menyebut Organisasi Papua Merdeka (OPM) lahir di Kabupaten Tambrauw seperti diberikan sebelumya dengan judul Anak Tambrauw Harus dirangkul, Jimmy Idjie: Ingat OPM Lahir Disana, faktanya masih diragukan.

Hugo menyebut, Kebar Tambrauw mungkin bukan tempat lahirnya OPM, namun Kebar merupakan tempat pecahannya perang 1965 sesuai cerita tetua adat.

“Bagaimanapun Kebar adalah gambaran lahirnya OPM namun, itu persoalan sejarah masa lalu dan memang Kebar bukan tempat lahirnya. Tapi tetap Kebar tempat perpecahan pecahnya perang 65. Sehingga ada trauma secara khusus terjadi pada masyarakat Mpur di lembah Kebar. Karena daerah ini merupakan basis pada waktu itu, Namun sampai saat ini masih tetap aman, tenang dan tidak ada gerakan-gerakan apapun di sana,” jelas Hugo.

Dia mengaku, hal yang ditakutkan, ketika statement terkait OPM dimunculkan di public yang menyatakan Tambrauw merupakan zona merah atau tempat OPM. Maka akan timbul luka lama traumatic masa lalu di hati masyarakat di Kabupaten Tambrauw.

“Cerita turun-temurun sampai kami pun mendengar cerita itu tentang bagaimana pembantaian, bagaimana penyiksaan pembunuhan saat itu. Sehingga itu menjadi trauma besar di masyarakat. Kami berharap untuk memberikan statement ini harus bisa menganalisa atau kemudian beliau (Jimmy Idjie.red) harus bisa jelaskan apa kaitannya penerimaan CPNS dengan OPM,” ungkap Hugo.

Politisi ini menyebut, pernyataan Jimmy Idjie membuat seolah-olah masyarakat di Tambrauw bergantung kepada negara jika menjadi PNS. “Keliru memberikan perbandingan sebagai politisi nasional. Seharusnya jelaskan sesuai kerangka Otonomi Khusus, dimana harus diprioritaskan adalah tenaga kerja asal Papua,” tuturnya.

Baca Juga :  Wacana DPRD Fraksi Otsus di Kabupaten Kota, Anike Sabami : Apa yang Kamu Minta Tetap Dijawab, Asal…..

“Saya sebagai politisi partai Perindo dan juga sebagai Pemuda di Kabupaten Tambrauw meminta beliau mengklarifikasi dan juga harus meminta maaf kepada masyarakat Tambrauw,” tegas Hugo.

Hugo berharap agar Jimmy Idjie tidak membuat pernyataan-pernyataan yang membuat masyarakat menilainya buruk. Sebab yang diketahuinya masyarakat Tambrauw sangat mencintai Politisi PDIP tersebut. (ALW/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here