IKA FKM Uncen Harus Beri Solusi Bagi Persoalan Kesehatan di Papua

0
Orideknews.com, JAYAPURA, – Badan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (IKA-FKM) Uncen harus mampu beri solusi bagi persoalan kesehatan di tanah Papua. Hal ini ditegaskan oleh Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih, Dr Jonathan Worurumi,MSi ketika membuka secara resmi Rapat Kerja BP IKA FKM Uncen Jayapura di Jayapura, Sabtu, (27/7/2019).
“Raker pada hari ini (Sabtu,red) merupakan agenda yang tepat dalam rangka memberikan kontribusi bagi FKM secara khusus maupun Provinsi Papua Secara umum. Kami mengapreasi kegiatan ini,”ungkapnya.
Jonathan menuturkan bahwa peran alumni penting dalam mendukung FKM Uncen secara institusi, banyak persoalan-persoalan yang juga harus menjadi atensi dari Alumni FKM Uncen.
“Kita tahu bawah kebutuhan tenaga kesehatan di Papua sangat diperlukan tetapi kenyataannya, hingga kini justru alumni dari luar Papua yang mendapatkan peran itu, nah ini diharapkan jadi perhatian dari pengurus IKA FKM, untuk memikirkan dan merumuskan dalam Raker ini,”tuturnya.
Melalui raker ini, Jonathan mengharapkan harus menghasilkan rumusan kajian-kajian bersama yang harus memperkuat alumni FKM Uncen di Provinsi Papua.
“Saya minta kepada alumni untuk juga memikirkan bagaimana implementasi dari literasi yang digunakan saat ini dimana kita harus bekerja keras untuk mendorong penggunaan koperasi berbasis IT, karena diluar Papua, kemajuan teknologi sangat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas akreditasi kampus,”katanya.
Senada dengan itu, Dekan FKM Uncen, Dr Arius Togodly,Spd,MKes menyampaikan terima kasih kepada BP. IKA FKM Uncen yang telah melaksanakan Raker BP IKA FKM Uncen.
“Kami bangga dengan alumni, kami harapkan bahwa melalui raker ini dapat berkontribusi juga bagi kampus FKM Uncen. Alumni sangat berperan terutama dalam mendukung FKM Uncen,”bebernya.
Arius mengharapkan dukungan dari BP IKA FKM Uncen dalam pembangunan laboratorium FKM Uncen.”Kami minta alumni juga berkontribusi dalam pembangunan laboratorium dalam mendukung proses perkuliahan di kampus FKM Uncen,”tuturnya.
Secara institusi, Arius menyebutkan bahwa Alumni FKM Uncen juga banyak yang kembali mengabdi di FKM Uncen sebagai tenaga dosen, bahkan pihaknya telah mengirim beberapa dosen untuk mengikuti pendidikan magister (S2), maupun pendidikan doktor (S3).
“Mereka ini diharapkan secara konsisten dapat kontribusi dalam mengajar dan meluluskan alumni yang diharapkan memberikan kontribusi bagi pembangunan kesehatan di Papua,”sebutnya.
Sementara itu Ketua Harian BP IKA FKM Uncen,Paschalis Howay,SKM menjelaskan kegiatan raker ini diharapkan memberi penguatan khususnya distribusi alumni FKM Uncen untuk memperkuat pelayanan kesehatan di tanah Papua.
“Alumni FKM Uncen banyak yang terserap di dinas maupun rumah sakit, serta LSM maupun bidang kerja lainnya di Papua. Kami secara konsisten mendorong agar alumni FKM Uncen bisa hadir untuk membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan,”pungkasnya. (YAN/ON)
Baca Juga :  Pantau Pelaksanaan Pilkada Serentak, Kapolri dan Panglima TNI ke Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here