Indonesia Agriculture Forum 2020: Mentan SYL Tekankan 4 Faktor Keberhasilan Pendidikan Vokasi

0
BPPSDMP Kementan Dijadwalkan Gelar Seminar Peran Strategis Pendidikan Vokasi
BPPSDMP Kementan Dijadwalkan Gelar Seminar Peran Strategis Pendidikan Vokasi

Orideknews.com, MANOKWARI, – Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menggelar seminar nasional, Kamis, (30/4/2020).

Pada seminar yang bertemakan ” Peran Strategis Pendidikan Vokasi di Lapangan Mendukung Pemberdayaan Petani dan Mendorong Ketersediaan Pangan” itu, berlangsung secara virtual pada pukul 15.30 – 17.30 WIB.

Saat membuka Indonesia Agriculture Forum 2020 Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan transformasi pendidikan di sektor pertanian belumlah maksimal apabila hanya menyangkut kelembagaan, sehingga ada empat factor yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi seperti pengembangan keterampilan yang menyatuhkan intektual sistem dengan manajemen praktis.

Empat faktor itu kata  Mentan penentu keberhasilan pendidikan vokasi yang pertama adalah karakter yang tidak mudah menyerah dan memiliki jiwa yang tangguh. Kedua, kompetensi maka Polbangtan dan SMKPP harus menciptakan generasi milenial yang mampu bekerjasama dengan orang lain.

Ketiga, memiliki sifat kritis baik pada dirinya, dengan lingkungan dan semua masalah yang dihadapi namun tetap sejalan dengan jiwa kebangsaan.

“Faktor keempat adalah berfikir kreatif untuk berinovasi dengan meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar dan sarana prasarana melalui dunia digital,” tutur Mentan SYL.(RR/ON)

Baca Juga :  Sam Herodian: Isotonik Kayu Akway Recommended



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here