Kali Matoa Meluap, Rumah Warga di Distrik Sidey Terendam Banjir

0

 







Orideknews.com, MANOKWARI, – Banjir kembali meremdam rumah warga di Kampung Warikon, Distrik Sidey, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (10/01/2020).
Hal ini diungkapkan Kepala Distrik Sidey, Mirdan F. Husein yang ditemui wartawan, Jumat (10/01/2020).
Dikatakannya, puluhan rumah warga yang terendam banjir 15.30 WIT sampai dengan pukul 16.30 WIT itu menyebabkan warga terpaksa mengungsi sementara ke Balai Kampung Dusun Warikon.
Peristiwa yang cukup menggegerkan warga itu terjadi akibat luapan air di Kali Matoa yang terletak di Kampung Warikon.
Husein menjelaskan, luapan air terjadi Kali Matoa karena banyaknya aliran air dari berbagai arah yakni dari Kampung Manggupi tepatnya di Dusun Isima, dan Kampung Aurmios tepatnya di Dusun Irmus.
“Banjir ini terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan air di kali matoa meluap. Satu jam kemudian air mulai naik meluap, hingga lumpur memasuki rumah warga,”katanya.
Sedangkan untuk jumlah Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi, dia menrincikan, kurang lebih 22 KK yang dievakuasi oleh Anggota TNI setempat.
“Ya saya harap ada penanganan secepatnya untuk membendung luapan di kali matoa atau ada normalisasi agar mampu menampung jumlah debit air kiriman dari sejumlah anakan kali. Kasi warga,”harapnya.
Pantauan media ini, dari puluhan warga yang mengungsi dan ditinggal di Balai yang disiapkan pemerintah setempat, terdapat beberapa bayi yang tidur tanpa kelengkapan seperti kelambu, bantal, maupun kasur anak.
Dalam peristiwa itu, terlihat tim dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Papua Barat juga turun langsung ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi Kali Matoa. (ONE/ON)

Baca Juga :  Masyarakat Papua Barat, Simak! Ini Dasar Hukum Pelaksanaan Imunisasi Polio



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here