Kapolda Papua Barat dan Kapolres Manokwari Dinilai Telah Menjalankan Amanat UU Otsus

0
Kapolres Manokwari melantik sejumlah perwira di Mapolres Manokwari, belum lama ini. Foto: Humas Polres Manokwari.
Kapolres Manokwari melantik sejumlah perwira di Mapolres Manokwari, belum lama ini. Foto: Humas Polres Manokwari.
Orideknews.com, MANOKWARI, – Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia di Tanah Papua, Yan C Warinussy, mengapresiasi Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi yang mengangkat dua putra terbaik Asli Papua sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba (Reskoba) dan Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) di lingkungan Polres Manokwari.
Pengangkatan kedua anak asli Papua berpangkat perwira pertama tersebut sesuai TR Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak. Sehingga kata Warinussy, baik Kapolres Manokwari sebagai user maupun Kapolda sebagai pengambil keputusan pada jajaran Polri di Papua Barat sudah mengamalkan amanat pasal 62 ayat (2) UU RI No.21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua sebagaimana dirubah dengan UU RI No.35 Tahun 2008.
Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua, Yan C Warinussy,SH
Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua, Yan C Warinussy,SH
“Selengkapnya pasal 62 ayat (2) berbunyi: “Orang Asli Papua berhak memperoleh kesempatan dan diutamakan untuk mendapatkan pekerjaan dalam semua bidang pekerjaan di wilayah Provinsi Papua (juga Papua Barat) berdasarkan pendidikan dan keahliannya.”  Hal ini sebagaimana disebutkan dalam penjelasan pasal tersebut bahwa pengutamaan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan bagi Orang Asli Papua (OAP) merupakan suatu langkah afirmatif dalam rangka pemberdayaan di bidang ketenagakerjaan,” jelas Warinussy.
Lanjut, Kata Warinussy, kedua perwira asli Papua tersebut, baik AKP Isaac Komko Hosio maupun AKP Jems Oktovianus Tegai. Keduanya, sama-sama telah meniti karier kepolisian yang sangat baik sehingga dari sisi pendidikan dan keahlian sudah memenuhi kualifikasi yang diperlukan di lingkungan Polri.
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak
“Di samping itu, dari sisi otsus Papua, kebijakan afirmatif sangat memungkinkan bagi putra-putri terbaik asli Papua yang menjadi anggota Polri untuk memperoleh kesempatan pertama dan diutamakan menduduki posisi-posisi baik di lingkungan polres maupun polda di Tanah Papua, termasuk di wilayah Polda Papua Barat,” ungkap Warinussy dalam keterangan persnya yang diterima www.orideknews.com, Minggu, (30/6/2019).
Menurutnya, Langkah Kapolres Manokwari atas TR Kapolda Papua Barat yang positif itu kiranya dapat menjadi preseden dan pemicu dalam memberi kesempatan pertama dan utama bagi para anggota Polri asli Papua di Papua Barat untuk dapat menduduki jabatan-jabatan strategis.
“Seperti saat ini AKBP Mathias Krey sebagai Kabid Humas Polda Papua Barat,” tutur Warinussy. (RED/ON)
Baca Juga :  Yoteni: Jokowi Cabut Moratorium Pemekaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here