KMP Mamberamo Foja Resmi Layani Rute Biak-Mbromsi, Bupati: Pariwisata Biak Numfor Terdorong

0
KMP Mamberamo Foja Resmi Layani Rute Biak- Mbromsi, Bupati: Pariwisata Biak Numfor Terdorong
Orideknews.com, BIAK, – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua terus mendorong percepatan berbagai sektor. Salah satu sektor unggulan adalah jasa Pariwisata.
Kemajuan sektor pariwisata Biak Numfor harus didukung dengan sarana prasarana, sehingga kini, Pemda Biak Numfor melalui Dinas Pariwisata dan Perhubungan Pemda Biak telah mendapat jasa transportasi laut.
Transportasi laut itu adalah satu unit armada kapal milik PT. ASDP Ferry (Persero) Cabang Biak, yakni KMP Mamberamo Foja yang secara resmi dilaunching pelayarannya dengan rute Biak-Mbromsi (Aimando dan Kepulauan Padaido).
Kapal yang dimiliki Kementerian Perhubungan tersebut, selama ini melayani Biak – Mamberamo Raya dan wilayah sekitarnya, kini setiap minggunya juga telah membuka pelayaran dengan rute Biak – Mbromsi dan sebaliknya, yakni Biak – Mbromsi hari Sabtu dan dari Mbromsi ke Biak hari Minggu.
Bupati Biak Numfor melalui Asisten II Setda Biak Numfor Ferry Betay, SH melaunching KMP Mambramo Foja, di Pulau Mbromsi pada Sabtu (25/1).
Dalam acara launching itu, tak hanya dihadiri oleh jajaran pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan jajaran manajemen PT. ASDP Ferry Cabang Biak, namun jajaran anggota DPRD Biak Numfor juga ikut hadir, di antaranya pimpinan DPRD Biak Numfor tampak hadir, yakni Milka Rumaropen (Ketua), Adrianus Mambobo dan Anetha Kbarek (wakil ketua).
“Pembukaan rute KMP Mamberamo Foja tidak dilakukan begitu saja, namun atas permintaan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor ke Kementerian Perhubungan, jadi pelayaran itu dibuka atas persetujuan Menteri Perhubungan, khususnya dalam mendukung Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Padaido,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey O. Dageubun, S.Pi.,M.Si di Pelabuhan Mokmer.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Biak Numfor Fransisco Olla, S.Sos yang didampingi General Manager PT. ASDP Ferry (Persero) Cabang Biak Ardian, SE.,M.Si mengatakan, bahwa biaya tiket kapal KMP Mamberamo Foja tergolong cukup murah dan disubsidi oleh pemerintah.
Dimana untuk penumpang dewasa sebesar Rp. 30.000 per penumpang, sedangkan untuk penumpang anak-anak sebesar Rp. 20.000 per orang.
Sebelumnya, Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, bahwa untuk membangun sektor pariwisata di Kabupaten Biak Numfor harus dengan berbagai terobosan. Salah satunya dengan membanbgun komunikasi lintas sektor, termasuk ke pemerintah Pusat dan salah satunya saat ini adalah dengan diberikannya izin dari Kementerian Perhubungan untuk membuka pelayaran ASDP ke wilayah Kepulauan Padaido dan Aimando.
“Dengan pembukaan rute pelayaran ASDP khususnya KMP Mamberamo Foja ke Mbromsi, maka setidaknya masyarakat atau wisatawan yang akan pergi ke wilayah kepulauan Aimando dan Padaido lebih mudah dengan biaya yang cukup murah, kedepannya tentu pemerintah akan terus membangun komunikasi dengan semua pihak supaya trasportasi laut ke wilayah rutenya lebih banyak lagi,” ujar Bupati.
Dengan dilaunching rute pelayaran KMP Mamberamo Foja membantu masyarakat di wilayah perairan setempat. Kemudian memudahkan wisatawan yang akan datang berwisata ke Kepulauan Aimando dan Padaido lebih dimudahkan dengan transportasi laut dalam setiap minggunya. Bahkan rute pelayaran itu bermalam di pulau satu hari. (RW/ON)
Baca Juga :  Perayaan HUT Bhayangkara Dihadiri Panglima TNI, Kapolri : Saya Sangat Bahagia



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here